Selamat Datang!

Peresmian Kantor Baru TP Sangai (3)

Camat Telaga Antang Apresiasi Kantor Baru

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang menyampaikan undangan. Saya melihat lembaga ini berbasis masyarakat Dayak dengan nuansa handep (gotong royong). Saya berharap CU bisa menjadi berkat bagi orang lain”.

Itulah inti sambutan yang disampaikan Camat Telaga Antang, Drs. Siwen Tumon. Ia melihat, gedung yang baru sebagai tempat representatif. “Mestinya diiringi dengan pelayanan yang makin tinggi. Tidak kalah pentingnya adalah pengawasan. Kepada anggota tolong kewajiban terhadap lembaga CU di perhatikan,” tegas pria yang membawahi 17 desa se-kecamatan Telaga Antang

Tumbang Sangai adalah salah satu desa dari 17 desa yang berada di bawah kecamatan Telaga Antang, kabupaten Kotawaringin Timur. Desa-desa lainnya adalah Buana Mustika, Tanjung Harapan, Agung Mulya, Batu Agung, Beringin Agung, Bukit Indah, Luwuk Kuwan, Rantau Katang, Rantau Sawang, Rantau Suang, Rantau Tampang, Tri Buana, Tukang Langit, Tumbang Boloi, Tumbang Mangkup dan Tumbang Puan.

Mengakhiri sambutannya, pria yang menggunakan baju batik ini meminta supaya masyarakat dapat menggunakan Kopdit CU Betang Asi TP Tumbang Sangai untuk kesejahteraannya.

Sebelum camat menyampaikan sambutan. Curtina Melatih Kasih, sebagai pemandu acara terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada ketua panitia peresmian kantor baru, Pius Kalui menyampaikan laporan.

“Kami mengawalinya bersama 3 orang sehingga Kopdit CU Betang Asi dapat melayani masyarakat di Tumbang Sangai. Dari rintisan sejak 2004, akhirnya makin berkembang,” jelas Pius. Ia melanjutkan, perkembangan ini memerlukan pelayanan di kantor yang lebih baik. Terkait peresmian kantor baru, panitia sudah mengundang sebanyak 400 orang. “Semoga semua dapat hadir, walaupun hujan sempat menunda kedatangan mereka,” harap Pius.

Usai Pius Kalui melaporkan persiapan peresmian, dilanjutkan dengan pelaporan kegiatan pembangunan kantor. Karna Sophia Simbolon sebagai ketua pembangunan kantor baru menerangkan bahwa dengan tercapainya anggota sebanyak 2.882 orang diputuskan kantor baru. Biaya yang diperlukan mencapai 1,4 M rupiah lebih. Biaya ini termasuk pembangunan mess karyawan yang ada di belakang kantor baru.

Sebagai Ketua Pengurus Kopdit CU Betang Asi, Ambu Naptamis diberikan kesempatan menyampaikan sambutan sekaligus peresmian kantor baru oleh Curtina. Ambu menerangkan dipilihnya tanggal 12 Juli 2019, bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) yang diperingati setiap tanggal 12 Juli.

“Ini menjadi momentum yang baik, karena Kopdit CU Betang Asi sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi. Hal kedua, saya memohon maaf setelah 8 tahun menanti akhirnya bangunan berdiri megah. Ini menjadi bagian dari kita menjaga kepercayaan masyarakat,” terang Ambu. Kondisi ini mesti dijelaskan kepada tamu dan undangan yang hadir, nampak unsur Muspida dari kecamatan Telaga Antang duduk di bagian kursi depan. Masyarakat yang mendengarkan sambutan ini memberikan tepuk tangan tanda setuju. Ambu meresmikan di tandai dengan pemukulan gong 7 kali, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di pintu utama kantor.

Sebagai bagian akhir dari peresmian, namun menjadi terpenting adalah pemberkatan gedung yang baru. Misa singkat di pimpin oleh Romo Penta, Pr.  Percikan air yang sudah diberkati menjadi tanda di semua areal kantor, baik di luar maupun di ruangan-ruangan dalam kantor. Dalam khotbah misa, Romo mengingatkan bahwa semua orang-orang terlibat untuk membangun dan memberdayakan orang-orang kecil.

Acara ditutup dengan foto bersama, pemberian bingkisan kepada tamu dan undangan yang hadir. Diselingi dengan musik elektone, semua masyarakat hadir di jamu makan siang di tempat yang disediakan.

Proficiat untuk TP. Tumbang Sangai. Handep Hapakat, Sewut Batarung.

(Habis)

Sumber Tulisan dan Foto: Rokhmond Onasis

***


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Senin, 15 Juli 2019
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved