Selamat Datang!

KPD Kalteng Terima Penghargaan

“Telah dilakukan penilaian terhadap Koperasi yang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Koperasi Berprestasi Tahun 2019”

Itulah salah satu butir yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 2019, tertanggal 5 Juli 2019. SK ini menetapkan penetapan Koperasi Berprestasi Tahun 2019. KPD Kalteng menjadi salah satu yang terpilih.

Ada 50 koperasi yang mendapatkan predikat Koperasi Berprestasi. Dari ke-50 ini dibagi menjadi 5 jenis koperasi, berdasarkan usaha yang dijalankan. Sebanyak 12 koperasi simpan pinjam, 10 koperasi produsen, 2 koperasi pemasaran, 6 koperasi jasa dan 20 koperasi konsumen.

“Ada 20 koperasi konsumen se-Indonesia, salah satunya KPD Kalteng dengan anggota sekarang 296 orang total aset 40 M lebih. KPD Kalteng bergerak di sektor riil bagus dan patut diberikan penghargaan,” jelas Gregorius Doni Senun.

Pria yang ditemui penulis pada Rabu (17/07) di KPD Swalayan Rajawali menambahkan, secara tidak langsung ketika ada hal positip saat kunjungan Induk Koperasi Usaha Riil (INKUR). Bapak Suroto dapat memberikan informasi, ia juga mempunyai komunikasi yang bagus dengan pihak kementerian, terkait KPD Kalteng. (lihat http://www.cubetangasi.com/2019/06/inkur-belajar-ke-kpd-kalteng.html).

KPD Kalteng patut berbangga. Setelah bergerak selama 14 tahun ada pengakuan dari pemerintah. “Secara nasional kita pertama kali mendapatkan penghargaan sejak berdiri. KPD satu-satunya dari Kalteng sebagai koperasi konsumen se-Indonesia,” jelas Goris dengan nada senang.  Walaupun, KUD Tani Subur yang berkantor di Jalan Ahmad Yani Km. 49 Desa Pangkalan Tiga, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, juga mendapatkan penghargaan berjenis koperasi produsen.

Terkait perjalanannya ke Purwokerto, kota tempat penyerahan plakat dan piagam penghargaan pada Jumat (12/7) lalu, Goris bercerita, hari Kamis pagi (11/7) dari Palangka Raya menggunakan Batik Air menuju Yogyakarta. Saat tiba di Yogyakarta, jadwal kereta api sudah lewat. Ia memutuskan menggunakan mobil carteran pukul 2 siang ke Purwokerto. Berjarak tempuh 5 akhirnya tiba pukul 7 malam. Acara dimulai pukul 7.30 malam.

“Pak Menteri Puspayoga, memberikan secara langsung kepada kepada saya, untuk masing-masing jenis koperasi ada 1 orang. Kami ber-5 berdiri di atas panggung saat Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) ke-72. KPD Kalteng terpilih untuk koperasi konsumen,” kata sekretaris pengurus KPD Kalteng ini.

Kepada penulis, Goris mengucapkan terima kasih untuk masyarakat selaku konsumen yang menggunakan jasa pelayanan KPD Swalayan. Peran dan kerja keras pengurus, pengawas serta manajemen telah memberikan pelayanan terbaik sehingga KPD bisa menjadi salah satu koperasi konsumen berprestasi di tahun 2019.

“Ke depan harus ada pembenahan, dengan mendapatkan penghargaan ini menjadi 1 hal positip bagi pengurus, pengawas dan manajemen membenah diri. Tentunya, ini juga menjadi tolak ukur orang lain untuk bisa belajar,” tutup Goris.

Sumber tulisan: Rokhmond Onasis; Sumber foto: Gregorius Doni Senun


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Rabu, 17 Juli 2019
Share this post :

Posting Komentar

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved