Selamat Datang!

Kopdit CU Betang Asi Lakukan OD

Bertempat di aula pertemuan Soverdi Keuskupan Palangka Raya, kegiatan OD berlangsung. Selama 2 hari semua peserta yang berasal dari luar kota diinapkan di lokasi kegiatan. Soverdi tepat berada di jalan Tjilik Riwut, Km.5,5. Berhadapan langsung dengan kantor Walikota Palangka Raya.

Sebagai pemandu diskusi dan jalannya acara di pegang langsung oleh Ambu Naptamis Hanyi, SH, MH sebagai ketua pengurus. Ia dampingi Ethos H. Lidin, SE sebagai General Manajer (GM) Kopdit CU Betang Asi. Peserta yang hadir sekitar 146 orang.

Selama 2 hari kegiatan berlangsung efektif. Dari pagi hingga sore hari, 3-4 Januari 2019. Hampir 100% manajemen hadir. Sesi pagi di hari pertama, dilakukan pembukaan, dilanjutkan sesi untuk menggali lebih dalam makna membangun organisasi oleh Romo Anton. Sesi berikutnya oleh pemandu OD, memperkuat internalisasi visi, misi CU, komitmen bersama dari pengurus, pengawas dan manajemen yang tersebar di-19 kantor.

Pada hari kedua dibuka dengan Ibadah singkat. Dilanjutkan sesi yang tersisa pada hari pertama untuk memperkuat komitmen dan membangun Kopdit CU Betang Asi. Bahkan di hari kedua, kegiatan berakhir pada malam hari karena semua perwakilan kantor mesti berpendapat dan memberikan argumen.

Ditemui penulis saat berada di aula pada hari kedua, Ethos menjelaskan kegiatan proses Organization Development (OD) adalah membangun komitmen bersama dalam hal penguatan organisasi, bagaimana organisasi itu dikelola oleh individu-individu. Jadi keseimbangan antara organisasi dibangun bersama keseimbangan anggota, staf, manajemen sebagai kekuatan organisasi untuk mencapai tujuan yang diprogramkan.

“Saya pikir ini (OD) bagus menjadi sebuah pembelajaran untuk menguatkan organisasi CU secara keseluruhan, dihadiri oleh semua staf. Mereka berkomitmen membangun dan mengetahui apa yang menjadi kekuatan organisasi di internalisasikan dalam 2 hari, menjadi penyemangat untuk menjalankan tugas pokok sebagai manajemen,” jelas Ethos.

Terkait arah dari aktivitas CU di tahun 2019 ia menjelaskan menuju pertumbuhan anggota dan aset berjalan dengan baik. Kondisi ini menurutnya dalam periode 3 tahun ini, perspektif analisa PEARLS S-10 dan S-11 itu terus turun dan (faktor) yang lainnya ngikut. Kredit lalai mesti diturunkan. Pencapaian 13 indikator analisis PEARLS ini sekarang menjadi 17 itu menjadi komitmen kuat pencapaiannya.

Senada dengan GM, Ambu menjelaskan akan ada monitoring untuk melihat tindakan dari komitmen yang telah sampaikan dalam OD ini. Semua pengurus, pengawas dan manajemen dari berbagai tindakan untuk menyatakan komitmennya dengan penjabaran komitmen dan itu memang harus dimonitoring secara berjenjang.

Selanjutnya Ambu menjabarkan bahwa pada bagian akhir dari OD ini dibuat rencana tindak lanjut dalam tahun ini, dengan tenggat waktu yang jelas dan disepakati itu dipastikan akan dimonitoring diawasi secara bertingkat.

“Pencapaian Access Branding secara realistis di tahun 2020, proses secara bertingkat mulai dari pendampingan, pendaftaran dan seterusnya, jadi yang paling rasional dan masuk akal di tahun 2020, di tahun 2019 kita melakukan persiapannya,” tegas Ambu.

Sedangkan Ethos mengungkapkan, sudah ada komitmen bersama di seluruh manajemen bahwa di tahun ini (2019) sudah dipersiapkan. “Tahun ini sudah dilakukan penilaian, harapannya di tahun 2020 kita sudah dapat penghargaan.” tutup Ethos.

Keterangan Foto: Semua peserta OD (atas); Pengurus menyampaikan komitmennya (bawah).

Sumber foto: Peserta OD




Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, January 4, 2019
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved