Selamat Datang!

Jumrit: “Jangan Jadi Anggota yang Biasa-Biasa Saja”

Awalnya dari coba-coba, namun berakhir dengan terlibat penuh di Kopdit CU Betang Asi. Informasinya yang diterimanya tentang ajakan bergabung di CU membawanya menjadi anggota.

Tercatat dengan nomor Buku Anggota (BA)  103.903, membuktikan dirinya ikut berjuang bersama CU. Jumrit K. Abes  itulah nama yang tercatat di buku anggotanya. Ia berasal dari Desa Marapit dan sekarang sudah menjadi anggota di Tempat Pelayanan Tahasak Batu Sepan di Pujon, Kapuas Tengah.

Pinjaman Kapitalisasi menjadi menjadi pilihan untuk menambah simpanan yang ada di CU Betang Asi. Hanya sebesar Rp 8.000.000,- uang ini disimpan di Tabungan Duit Turus. Sejalan bertambahnya informasi dan pemahaman yang baik, ia dengan semangat turut mengembangkan dan memberitahukan ke masyarakat lainnya. Lingkungan keluarga menjadi pilihan pertama yang di ajak  untuk bergabung dengan CU Betang Asi.

Adanya pelayanan yang diberikan dari dari CU Betang Asi membuat perubahan dalam kehidupan keluarganya. Setelah mengikuti pelatihan dan mendapatkan kepercayaan untuk mengelola uang yang dipinjamkan ia memperluas (baca renovasi) rumah tinggalnya. Uang yang ada juga dibagi untuk ditabungkan bagi isteri dan kedua anaknya, Tirza dan Terja. Kesemuanya, sudah menjadi anggota CU Betang Asi.

Besarnya kepercayaan anggota dan lembaga membawanya dipilih menjadi aktivis dan kolektor. Sebagai kolektor ia mengumpulkan tabungan dan pinjaman untuk  menyetor ke CU. Terhitung sejak tahun 2009 ia sangat aktif ber-CU.  Ketua Panitia Rapat Anggota Tahunan (RAT) pernah ia jalani pada tahun 2010. Bahkan di tahun-tahun berikutnya ia tetap membantu pelayanan yang di berikan kepada anggota.

Sebagai aktivis ia juga ikut pada setiap pertemuan-pertemuan, diklat pengembangan diri dan pemberdayaan. Bahkan, terlibat dalam memfasilitasi pendidikan dan sosialisasi perubahan MO bagi anggota CU sebagai Co Fasilitator.

Hal lain, adanya komitmen untuk memberdayakan orang lain menjadi pendorong utama sehingga ia mau terlibat aktif. Baginya di CU bukan hanya masalah pada menabung dan meminjam.  Perjuangan untuk harga diri dan menambah wawasan serta keterampilan adalah hal utama. Ia berharap CU Betang Asi mampu mengubah dan memberikan inspirasi bagi dirinya dan orang lain yang mau terlibat menjadi anggota.

Sebagai peluang usaha, ia dan istrinya Yusmanti, menggabungkan dirinya dalam kelompok pemberdayaan Peternakan Babi. Perkembangan peternakan babi yang sekarang ia kelola berdua dengan isterinya yaitu ada  10 ekor Indukan. Saat sekarang ada 2 ekor yang sedang beranak masing-masing 10 dan 11 ekor anak babi. Ditambah 2 ekor pejantan dan ditambah beberapa ekor untuk penggemukan sehingga mencapai kurang lebih  15 sampai 30 ekor ternak babi. Informasi lain dapat kita lihat di akun facebook mahinjunaedi@yahoo.co.id yang memuat informasi foto terkait kelompok ini.

Jumrit berpesan, jadilah anggota CU Betang Asi yang aktif jangan hanya menjadi anggota saja karena itu biasa-biasa saja, maka jadilah orang yang luar biasa dengan Handep Hapakat Sewut Batarung.

Sumber foto dan tulisan: Junaidi Mahin; Manajer TP Tahasak Batu Sepan, Pujon


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, October 9, 2018
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved