Selamat Datang!

Angkatan ke-10 Training Center Staf Baru ...(3)

Panitia menegaskan disiplin yang baik dalam pelatihan ini. Peserta yang terlambat masuk mengikuti sesi akan membayar 20 ribu tunai, sebagai sanksi ketidakdisiplinan yang dikumpulkan pada salah seorang peserta kegiatan. Semua smartphone yang peserta bawa hanya menjadi alat hibur mendengarkan lagu dan karaoke saja. Mengapa, karena di rumah retret ini tidak mendapatkan sinyal HP. Barangkali ini menjadi nilai tambah panitia memilih tempat ini supaya kami lebih fokus ke materi pelatihan.

Suasana demam piala dunia di Juni 2018 hanya dapat kami tonton bersama (nobar) saat final pertandingan antara Perancis dan Kroasia. Itupun dengan permintaan suara bulat kepada panitia dapat memfasilitasi nobar. Saya dan teman-teman penyuka bola merasa senang. Selama 90 menit pertandingan bola kami nikmati secara bersama-sama.

Pada 1 minggu sebelum berakhirnya pelatihan, kami diberikan waktu magang di CU-CU yang ada di Kalimantan Barat. Saya beruntung bisa mengunjungi kabupaten Sanggau. Di kota Sanggau saya ditempatkan di CU Kusapa tepatnya TP Daranante, dan teman-teman yang lain ada yang ditempatkan di CU Pancur Dangeri dan CU Khatulistiwa Bakti. Saya sering di ajak ke lapangan untuk bersama-sama melakukan penagihan dan mengunjungi kelompok usaha. Mereka melakukan kelompok usaha dengan komoditi lada. Hal menarik, saat melakukan penagihan, kami mengunjungi anggota CU usai mereka kerja di ladang, atau tempat lain. Dimulai dari pukul 2 siang hingga pukul 10 malam barulah kami kembali ke kantor CU. Bahkan, terkadang jika rumah anggota tersebut jauh, kami pulang pukul 11 malam.

Pukul 8 malam, Kamis, 2 Agustus 2018 dilakukan acara penutupan. Dalam pelatihan ini saya mendapat peringkat 3 besar. Saya cukup kaget nama saya turut di sebutkan untuk maju ke depan. Syukur kepada Tuhan. Saya mendapatkan sertifikat dan 1 buku modul financial literacy. Kami berfoto sejenak bersama Serapina dan Edi Petebang.

Dalam perjalanan pulang, kami ber-5 rombongan dari CU Betang Asi menginap di Hotel Kapuas Darma. Dari tanggal 3-4 Agustus 2018 kami melepaskan lelah, setelah 1 bulan belajar. Saya medapatkan perubahan yang positip. Pertama, saya banyak belajar terutama terkait akutansi. Kedua, saya banyak berbagi dengan peserta yang lain. Keterampilan yang saya dapatkan ini dapat terapkan di CU Betang Asi. Saya, Heron Yovandhi. (Habis)

Sumber tulisan: Rokhmond Onasis; hasil interview pada 17 Agustus 2018. Sumber foto: Heron Yovandhi.



Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, August 25, 2018
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved