Selamat Datang!

6 Tips Ampuh Langgeng Berbisnis dengan Teman

Memulai sebuah bisnis sendirian memang tak mudah. Tak bisa dimungkiri, berbisnis akan lebih terasa mudah jika dikelola bersama-sama, apalagi dengan teman Anda.

Tapi, berbisnis bersama teman juga bisa dibilang susah-susah gampang. Namun tetap saja, memulai bisnis bersama teman akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan bersama orang asing atau orang yang baru saja Anda kenal.

Sering kali, usaha yang dirintis bersama teman itu berantakan karena berbagai sebab. Salah satunya tak mampu menyingkirkan ego masing-masing. Namun, juga tak sedikit bisa menuai kesuksesan.

Lalu, bagaimana agar bisnis yang dibangun bersama teman itu bisa sukses? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tujuh tips ampuh yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis yang dirintis dengan teman bisa langgeng.

1. Pastikan Anda Benar-Benar Mengenal Teman Anda. Poin ini sangat penting Anda perhatikan sebelum memutuskan berbisnis bareng teman. Hal pertama yang terpenting adalah pastikan Anda memiliki kecocokan dengan teman bisnis Anda.

Pastikan Anda sudah benar-benar mengenal teman Anda dengan baik untuk menghindari segala permasalahan yang nantinya bisa merugikan Anda. Carilah teman berbisnis yang bisa dipercaya loyalitasnya, bertanggung jawab, jujur, dan mampu berkomitmen.

2. Tahu Hak dan Kewajiban Masing-Masing. Pembagian tugas, tanggung jawab, serta hak masing-masing haruslah jelas di awal memulai bisnis bersama. Anda dan teman hendaknya mendiskusikan pembagian hak berupa profit serta kewajiban masing-masing secara transparan dan terbuka.

Hal itu penting diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dan ketimpangan di kemudian hari. Transparansi dalam profit sharing dan pembagian modal sangatlah penting untuk kemajuan bisnis ke depannya.

3. Buat Kesepakatan di Awal.  Sekalipun rekan bisnis Anda adalah sahabat terdekat Anda sendiri, sangatlah penting untuk membuat sebuah kesepakatan bisnis di awal memulai bisnis. Sangat disarankan untuk membuat sebuah kontrak.

Buatlah kontrak bisnis yang berisi semua hal terkait kesepakatan bisnis antara Anda dan teman, seperti poin pembagian hak dan kewajiban, jangan lupa lengkapi dengan materai dan tanda tangan seluruh pihak terkait. Kontrak ini sangat berguna demi menghindari permasalahan-permasalahan yang mungkin timbul di hari depan. 

4. Tetapkan Goals dan Target Bersama.  Sebelum memulai bisnis, Anda penting untuk merundingkan goals dan target bisnis bersama teman Anda. Tanpa adanya keselarasan tujuan dan target, bisnis Anda akan kacau. Pasanglah target yang kira-kira bisa diraih bersama dan dilakukan bersama-sama pula. Jangan sampai hanya Anda yang bekerja keras mencapai target maupun tujuan yang telah Anda dan teman tetapkan, sementara mereka tidak melakukan hal yang sama.

5. Junjung Tinggi Profesionalitas.  Bisnis adalah bisnis, teman adalah teman. Anda harus mampu menerapkan nasihat lama tersebut dalam menjalani bisnis bersama teman. Anda hendaknya mengesampingkan segala masalah pribadi dan menjunjung profesionalitas jika ingin bisnis Anda tetap berjalan lancar.

Anda harus mampu mengelola konflik dan tetap tegas dalam menghadapi berbagai masalah terkait bisnis bersama teman Anda. Jangan sampai perasaan yang tidak enak memengaruhi profesionalitas dalam menjalan bisnis bersama.

6. Jaga Komunikasi dengan Baik.  Tak lupa, untuk menjalankan bisnis bersama, komunikasi sangatlah penting. Tentu saja menjaga komunikasi yang baik juga diperlukan dalam hal apa pun. Hal apapun yang terjadi dalam bisnis Anda, pastikan teman Anda juga tahu, begitu juga sebaliknya. Bangun komunikasi dengan baik untuk menjaga kepercayaan satu sama lain, dan raup untung serta kesuksesan bersama.

Sumber berita dan foto: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/29/101624426/6-tips-ampuh-langgeng-berbisnis-dengan-teman.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, August 13, 2018
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved