Selamat Datang!

Kopdit CU Betang Asi ikuti Pelatihan MCTNA

Kopdit CU Betang Asi patut berbangga. Kenapa demikian?. Perjalanan waktu sejak tahun 2003 selalu melakukan perubahan. Dari 3 pilar yang di gagas awal oleh F.W Raiffesen yaitu kemandirian, setia kawan dan penyadaran. Dalam bahasa yang lain, 3 kata ini berubah menjadi swadaya, solidaritas dan pendidikan. Ada 1 kata yang mesti di tambah untuk pelayanan CU semakin baik, yaitu inovasi atau perubahan untuk maju.

Salah satu pembuktian dalam perubahan untuk maju adalah selalu mengirimkan stafnya dalam memajukan pemahaman dan keterampilan dalam ber-CU. Sebagai salah satu persiapan untuk memajukan pengembangan sistem secara on-line. Keterlibatan Kopdit CU Betang Asi adalah pilihan yang tepat.

Sebagai staf yang mengurusi bagian Informasi dan Teknologi (IT) Jantang Matudi dan Petrus Yohanes di utus untuk belajar. Pelatihan yang dilakukan selama 4 hari ini bertajuk Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA). Sebagai pelatih di lakukan oleh lembaga Spectrum Indonesia. Pelatihan dipusatkan di Crown Prince Hotel Surabaya pada tanggal 10-13 April 2018 lalu.

Di temui 1 bulan pasca pelatihan, Jantang mengatakan biaya pemasangan jaringan mikrotik ini cukup mahal. “Diperlukan biaya sebesar 60 jutaan untuk jasa, sehingga jaringan pelayanan bisa on-line”, kata Jantang, saat bertemu penulis di lantai 3 kantor kopdit CU Betang Asi Palangka Raya. Selasa, (08/05).

Pertimbangan lain menurut Jantang, mestinya Staf IT di berdayakan sehingga memiliki keterampilan baru terkait IT. Mengacu pemikiran ini akhirnya ia bersama Petrus mengusulkan kepada Ethos, sebagai GM dapat mengikuti pelatihan selama 4 hari ini.

Cukup banyak manfaat yang dirasakan usai pelatihan. Menurut Petrus, manfaat pertama, pengaturan sistem online di kantor CU dapat di atur penggunaan bandwitch. Manfaat lainnya kita mampu membatasi pemakai sehingga dalam persiapan online ke depan kopdit CU Betang Asi sudah siap.

Jantang dan Petrus berhasil mendapatkan sertifikat kelulusan. Dari 24 peserta yang mengikuti pelatihan hanya 12 yang lulus dan nilainya di atas standar. Menurut Jantang, dari ujian yang dilakukan selama 1 jam di hari terakhir ke-20 pertanyaan menggunakan bahasa Inggris. Keduanya berhasil selain peserta lain yang berasal daerah lain di Indonesia. Ada yang berlatar belakang guru SMEA, ASN Diskominfo Sulawesi Selatan serta profesi lainnya.

Keinginan Jantang dan Petrus ke depan pelatihan di tingkat lanjutan terkait mikrotik ini dapat diikuti untuk memantapkan keterampilan dasar. Keduanya berharap keterampilan yang didapatkan dapat diterapkan secepatnya untuk pelayanan Kopdit CU Betang Asi.

Dari catatan hasil pelatihan yang dibuat oleh Petrus selama 4 hari mengungkapkan di hari pertama, Selasa, 10 April 2018, peserta diajak untuk perkenalan singkat mengungkapkan Harapan mengikuti pelatihan. Sebagai materi pertama diberikan MikroTik RouterOS dan aplikasi secara detil.

Di hari kedua, Rabu, 11 April 2018, materi dilanjutkan terkait Bridge (Layer 2 connection); sedangkan di hari ketiga, Kamis, 12 April 2018 materi tentang Route (layer 3 connection). Memasuki hari keempat, Jumat, 13 April 2018, peserta diberikan Manajemen Jaringan Lokal; yang dilanjutkan dengan ujian kelulusan.

Pengaturan ujian sebagai berikut, untuk mendapatkan sertifikat dari mikrotik.com (sertifikat dari spectrum Indonesia dan dari mikrotik.com yang akan diperoleh), jika tidak memenuhi syarat kelulusan dengan ketentuan yaitu 0-40% tidak lulus, 50%-59% mengulang kembali, 60%-100% dinyatakan lulus.

Selamat kepada Jantang dan Petrus, ditunggu penerapan keterampilan yang sudah di dapatkan. Handep Hapakat Sewut Batarung.

Keterangan Foto: Jantang berdiri baris ke-4 dari sebelah kiri dan Petrus duduk baris ke-4 dari sebelah kanan.

Sumber Tulisan: Rokhmond Onasis (dari wawancara dan catatan laporan mengikuti pelatihan)
Sumber Foto: Jantang.



Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, May 8, 2018
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved