Selamat Datang!

KPD Kalteng Lantik Manajer Baru

Berbaju putih dengan bawahan berwarna hitam ke-4 lelaki berdiri tegap. Di antara mereka ada 2 perempuan dengan menggunakan baju atasan semi jas berwarna hitam. Mereka bersiap-siap dan bersama mengucapkan janji.

“Saya  berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban saya sebagai unsur pimpinan manajemen KPD Kalteng dengan sebaik-sebaiknya dan sejujur-jujurnya. Memegang teguh Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga KPD Kalteng. Menjalankan semua peraturan pengurus dengan selurus-selurusnya serta setia dan berbakti kepada KPD Kalteng. Semoga Tuhan membimbing dan melindungi saya”.

Itulah janji yang di ucapkan Untung, Gupri, Frida Ampung, Yusefrin Cecep, Rani dan Apriano pada Senin (13/11). Ke-6 anak-anak muda Dayak ini yang mengabdikan hidupnya  dalam gerakan koperasi di Kalimantan Tengah. Di depan ketua pengurus Koperasi Persekutuan Dayak (KPD) Kalteng, Ambu Naptamis, SH, MH janji diucapkan secara lugas. Usai berjanji dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Pelantikan ini juga dihadiri oleh pengurus, pengawas, manajer dan staf KPD Kalteng.

Dalam sambutan usai pelantikan, Ambu mengatakan bahwa proses yang terjadi hari ini adalah bagian yang kita harus lewati. Ketika diputuskan bersama untuk maju atau mundur saat KPD bangkrut.

“Jika tidak ada tekad dan keberanian, tidak ada kejadian hari ini. Keberanian dan kesungguhan kita pada akhirnya akan menghasilkan yang baik. Kepada staf yang dilantik knowledge, skill dan perilakunya harus sejalan dengan visi KPD,” jelas Ambu.

Sebelumnya, laporan pelaksanaan pelantikan yang disampaikan oleh Ethos H.L, selaku Penanggung Jawab Usaha KPD Kalteng. Ia melaporkan bahwa proses pelantikan ini adalah salah satu bentuk penghargaan. Ke-6 orang ini adalah orang-orang pilihan di KPD Kalteng. Dilihat dari sisi kapasitas, loyalitas dan senioritas yang menjadi pertimbangan pemilihan.

Alasan pelantikan ini untuk persiapan pengelola pada gerai KPD Kalteng yang baru. Gerai ke-3 di rencanakan dibuka pada Minggu, 26 Nopember 2017. Terletak di lokasi yang strategis di antara persimpangan jalan Hiu Putih dan Rajawali Palangka Raya. Pelantikan berlangsung sekitar 60 menit. Di Aula Kopdit CU Betang Asi, Palangka Raya. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama.

Ditempat yang sama, Untung usai dilantik berbincang dengan penulis. Ia berharap KPD mampu bersaing secara bisnis dengan usaha sejenis. KPD bisa menjadi terbesar di Palangka Raya. “Saya berharap anggota harus rutin belanja di KPD sehingga bisa lebih bagus dengan keaktifan anggota, dan KPD bisa berkembang dan bersaing,” jelas Untung.

Terkait strategi menghadapi persaingan, KPD ke depan ia akan memberikan voucher belanja, ada pemberian hadiah langsung. Harga di KPD Kalteng relative murah dengan discount yang bersaing. Walaupun demikian, Untung akan menghadapi tantangan dalam memimpin cabang baru. Ia akan tetap belajar, dan bergerak bersama-sama dengan 15 karyawan di bawahnya. “Saya akan melakukan evaluasi kinerja,” pungkasnya.

Keterangan foto: Jabat erat dari Ambu Naptamis dan Untung usai pengucapan janji (atas); foto bersama antara pengurus, pengawas, manajer dan staf KPD Kalteng (bawah)

Sumber foto dan tulisan: Rokhmond Onasis

***




Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, November 13, 2017
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved