Selamat Datang!

Pelatihan, Juli-Agustus 2017

Rangkaian Pelatihan

 “Ban Ping Cu-Luan Huang Dang”. Botol yang berisi separuh cenderung akan bergoyang. Itulah pepatah dalam bahasa Cina yang bermakna, orang yang pandai tidak akan sombong dan selalu terus ingin belajar, sedangkan yang sedikit ilmu banyak bicara dan malas belajar.

Pepatah ini di pahami benar bagi pegiat Kopdit CU Betang Asi. Di bulan Juli-Agustus 2017, sejumlah rangkaian pelatihan mewarnai aktivitas di kantor. Dimulai pada tanggal 20-22 Juli lalu bertempat di aula lantai-3 Kopdit CU Betang Asi pelatihan ‘Public Speaking’ di fasilitasi oleh Rita Sarlawa, SE, M.Si. Pelatihan dihadiri oleh 25 staf yang belum mendapatkan pelatihan public speaking.

Di tempat lain, pada tanggal 21-22 Juli lalu di Bapelkes ada ‘Pelatihan Bimbingan Teknis Budidaya Ternak Babi. Ruang Belajar Lantai-2 yang terletak di Jalan Yos Sudarso Palangka Raya ini di penuhi 27 peserta yang berasal dari kelompok usaha yang sudah terbentuk oleh Komite Pemberdayaan Kopdit CU Betang Asi. Pelatihan difasilitasi oleh Sugianto yang sudah berpengalaman di bidang peternakan babi.

Adapun kelompok yang mengikuti pelatihan gelombang pertama adalah Bawi Harati; Batuah; Marajaki; Gawi Hantantiring; Hapakat; Hapakat Maju Bersama; Sejahtera; Hayak Maju; Mawar; Hatampung; Berkat Harapan; Danau Manuah; Batam; Onah Marawei; Sewut Hagatang dan  Kaharap Itah. Semua kelompok berasal dari TP/ TPK yang sudah berkomitmen mengelola usaha ternak babi.

Berselang satu hari berikutnya, 24-27 Juli 2017, sejumlah staf di ajak untuk belajar bersama bagaimana ‘Pembukuan Dasar dan Lanjutan’ yang diterapkan di Kopdit CU Betang Asi. Pelatihan di fasilitasi oleh Manajer Keuangan, Ensy Veronika, SP. Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta, kesemuanya berasal dari staf TP/ TPK yang  perlu optimal belajar terkait pembukuan.

Tidak puas pada gelombang pertama, pelatihan berikutnya dilaksanakan pada awal Agustus 2017. Gelombang kedua ini tetap difasilitasi Sugianto memandu dan memberikan bimbingan teknis bagaimana mengelola usaha ternak babi yang efektif dan efisien. Pada tanggal 4-5 Agustus, praktek dilakukan di desa Tuwung, Pulang Pisau dan teori pelatihan dilakukan di aula lantai-3.

Pelatihan di ikuti 34 peserta. Ada sejumlah kelompok usaha yang mengikuti Bimtek ini, yaitu Sinar Harapan; Baringei Makmur; Maju Bersama; Cahaya Baru; Harayong; Handep; Manggatang Utus; Hapakat; Mahasil Gawi; Mangkar; Mangat Hagatang; Manggatang Sewut Itah; Miar Sama-Sama; Miar Hayak; Isen Mulang; Labehu Asi; Berkat Asi; Telaga; Kapakat; Hapakat Mahaga dan Biwit Raya.

Kemudian, pada tanggal 7-9 Agustus 2017, ‘Bimbingan Teknis Analisis Kredit’ di laksanakan di tempat yang sama. Bimtek ini difasilitasi oleh manajer kredit dan pemasaran, Andika Harianto, S.Pi. Diikuti oleh 26 peserta yang rata-rata merupakan kabag/ staf kredit di TP/ TPK Kopdit CU Betang Asi.

Hingga pertengahan- akhir Agustus aula lantai-3 tidak pernah kosong. Pelatihan berikutnya adalah Tata Kelola CU yang difasilitasi oleh Ketua Pengurus Kopdit CU Betang Asi, Ambu Naptamis, SH, MH. Pelatihan ini diikuti 30 peserta pada tanggal 10-12 Agustus 2017. Di tanggal yang sama, tempat yang berbeda Tunjung Amel, Talitha Kumi, Yohanes Changking dan Yahya mengikuti pelatihan ‘Audit Investigasi’ di Yogyakarta, Pelatihan ini di fasilitasi oleh BKCU Kalimantan.

Selanjutnya tanggal 14-17 Agustus akan di lakukan ‘Credit Union Loan Officer Competency Course (CULOCC)’ di aula lantai-3. Pelatihan ini difasilitasi pegiat CU di Kalimantan Barat, Herculanes Cale. Pada tanggal 25-27 Agustus pelatihan ‘Marketing CU’ di fasilitasi oleh Wakil Ketua 1 Kopdit CU Betang Asi, Dr. Bambang Mantikei.

Terkait koordinasi dan pencapaian target/ sasaran dari CU-CU yang ada di naungan BKCU Kalimantan, diputuskan pelaksanaan BKCUK Forum di laksanakan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada tanggal 24-26 Agustus 2017.

Hasil Angket 

“Ada 6.128 angket yang telah 100% kami terima sejak awal Agustus 2017 ini, sekarang masih dalam proses pengolahan data yang dilakukan oleh Dr. Bambang Mantikei dan Dr. Lelo Sintani,” kata Lili.

Ditemui penulis di ruangan kerjanya pada (11/8), Lili Veronika sebagai kepala divisi diklat dan litbang, menjelaskan terkait hasil angket yang telah disebar sudah diinput. Walaupun ia menjelaskan seharusnya angket ini sudah masuk bulan Mei 2017, tapi beberapa kendalanya adalah angket yang terbawa anggota hingga tidak sempat terisi dan titipan angket yang telah diisi tidak kembali karena lupa di bawa ke kantor.

Dari hasil input sementara, ada saran yang ditulis oleh anggota dalam angket. Diantaranya adalah parkir yang sempit di beberapa kantor pelayanan, ruangan tidak ber-AC, keamanan dan dampak dari CU yang salah urus.

Sumber foto: http://www.theeyesofhorus.com.au; Sumber tulisan: Rokhmond Onasis.












Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, August 12, 2017
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved