Selamat Datang!

Financial Literacy di Tumbang Marikoi

“Selama mengikuti kegiatan pelatihan Financial Literacy (FL) ini sangat berguna bagi kami untuk menambah wawasan kami dalam mengelola keuangan kami dengan baik, semoga CU ini menjadi lebih maju lagi”. Itulah ungkapan Timawati, anggota CU yang ada di Tumbang Marikoi, kecamatan Damang Batu, kabupaten Gunung Mas. Hal lain juga terungkap oleh Royani, ia merasa terkesan karena ia diajak secara aktif untuk bisa memilah kebutuhan dan keinginan.

Terkait proses selama 2 hari pelaksanaan Financial Literacy pada Kamis-Jumat, 3-4 Agustus 2017 lalu, Sahyoni mengungkapkan bahwa ia terkesan karena model pelatihan yang sangat edukatif, kreatif, menyenangkan dan materi yang sangat menarik untuk diikuti oleh peserta. Dalam lembar evaluasi yang dibagikan panitia, pria ini juga mengungkapkan pelatihan ini sangat  bermanfaat dan berguna. Ia menekankan bahwa CU harus tetap ada dan berdiri teguh untuk melayani, menyadarkan anggotanya menuju kebebasan finansial. Jangan pernah berhenti melayani sesama anggota, sebab kebersamaan adalah kekuatan yang sejati.

Pelatihan yang di pusatkan di kelas PAUD Bunda Sejati, Tumbang Marikoi di ikuti oleh 26 peserta. Semua peserta berasal dari Tumbang Marikoi dengan profesi yang beragam. Ada yang mengabdi sebagai guru, pendeta, pedagang sembako, petani dan pekebun.

Dalam pelatihan yang difasilitasi oleh Rokhmond Onasis, juga mengungkapkan pentingnya anggota CU memilih dan memilah penggunaan uang yang bijaksana. Salah satunya adalah melakukan utang baik bukan utang jelek. Dijelaskan oleh fasilitator bahwa utang baik adalah orang lain yang bayar (utang produktif), sedangkan utang jelek adalah saya sendiri yang bayar (utang konsumtif).

Dalam pelatihan peserta mendapatkan materi untuk memahami dan mampu melakukan internalisasi terhadap misi Credit Union, menolong orang agar dapat menolong diri mereka sendiri (helping people help themselves), menganalis produk dan pelayanan Credit Union sebagai solusi masalah keuangan anggota atau sebagai kebutuhan pada tiap tahap kehidupan anggota.

Materi lain, peserta diajak untuk memahami dan mempelajari bagaimana menciptakan kesejahteraan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, mengartikulasikan aturan manajemen keuangan, mempraktekkan cara menabung yang baik, menunjukkan kebutuhan akan dana darurat, menetapkan jalan membangun kesejahteraan bagi para anggota, mengilhami anggota agar merencanakan tahap-tahap kehidupan mereka dan membangun keterampilan dalam membuat anggaran pribadi.

Dari lembar evaluasi harian yang diisi peserta tercantum bahwa di hari pertama lebih banyak peserta merasa senang, menginspirasi dan terhibur. Bagaimana di hari kedua?, ternyata tidak banyak berbeda peserta lebih banyak terinspirasi, senang juga terhibur.

Adapun peserta yang mengikut FL kali ini adalah Agus W.C; Heron Y; Yesua; Niah; Sahyoni; Neneng; Erniwati; Nurmi; Sarinani; Sumiati; Cumbi; Kusmawanson; Sunarti; Jonlinodi; Susi; Sriwati; Dina; Abel; Wijoyo; Royani; Timawati; Yetsoni; Helly Wanto; Sida; Yulita; Rusmini dan Lusa.

Semoga FL yang pertama kali di Tumbang Marikoi ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kualitas anggota CU Betang Asi seperti yang diungkapkan Heron, yang menjadi volunteer di TPK Tewah Kopdit CU Betang Asi. Ini sejalan dengan harapan dari Royani, semoga FL yang dipelajari selama 2 hari mengenai masalah pengelolaan keuangan yang baik dan benar dapat diterapkan dalam kehidupan rumah tangga secara khusus dalam rumah tangganya.

Keterangan Foto: Gambar Financial Journey yang di buat peserta FL

Sumber berita dan foto: Rokhmond Onasis


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, August 7, 2017
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved