Selamat Datang!

HARATI

Tahukah anda arti harati?. Jika anda bersuku bangsa Dayak Ngaju, maka kata ini pasti sudah akrab di telinga anda. Bahkan, kata ini selalu disandingkan dengan Pintar Harati. Kedua kata ini bermakna pandai dan bermoral.

Ada pepatah pintar tapi dia harati, ini bermakna pandai tapi tidak bermoral. Juga pepatah lainnya pintar tuntang harati, ini bermakna pandai dan bermoral baik. Kedua kata ini mestinya tidak dapat dipisahkan, tapi mengambil makna terdalam dari kata harati, pada tahun 2013 lalu, terpilih menjadi nilai-nilai inti dari Kopdit CU Betang Asi. Saat itu dilakukan Strategic Planning (SP) Kopdit CU Betang Asi Tahun Buku 2014-2018. 

Saat sekarang Betang Asi telah menginjak usia 14 tahun. Tidak ada salahnya  nilai-nilai inti harati kembali kita ingat, selalu kita ucapkan dan lakukan. Nilai inti merupakan nilai yang dianut bersama oleh pimpinan, karyawan, dan pemangku kepentingan yang menciptakan kekhasan dan menentukan budaya organisasinya. Rumusan Nilai-Nilai Inti Harati yaitu:

H = HONESTY (Kejujuran)
A = ALERTNESS (Kewaspadaan)
R = RELIABILITY (Dapat diandalkan)
A = ACCOUNTABILITY ( Dapat di pertanggungjawabkan)
T = TRANSPARENCY (Keterbukaan)
I = INTEGRITY (Dapat di percaya)

Pengertian dari Honesty: Dalam setiap tindakan yang di lakukan terus menjujung tinggi kejujuran; Alertness: Sebelum membuat keputusan selalu mengedepankan kewaspadaan dan kehati-hatian; Reliability: Mempunyai sumber daya yang dapat diandalkan di dalam maupun di luar CU Betang Asi; Accountability : Dalam menjalankan/ melaksanakan tata kelola CU dapat di pertanggungjawabkan; Tranparency : Selalu menyajikan informasi yang akurat dan terbuka; Integrity : Satu kata satu perbuatan, selalu menjadi insan yang dapat dipercaya.

JIka dikaitkan dengan hari pelayanan Kopdit CU Betang Asi, HONESTY pada hari Senin hari kejujuran (hari memulai bekerja dalam sepekan); ALERTNESS pada hari Selasa adalah hari kewaspadaan; RELIABILITY dan ACCOUNTABILITY pada hari Rabu adalah hari yang dapat diandalkan dan dapat dipertanggungjawabkan; TRANSPARENCY pada hari Kamis adalah hari keterbukaan atau transparansi; dan INTEGRITY pada hari Jumat, dapat di pertanggung-jawabkan (hari menuntaskan bekerja setelah sepekan).

Sumber: Buku ‘10 Tahun Kopdit CU Betang Asi’, Januari 2014; halaman 154-155.



Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, May 3, 2017
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved