Selamat Datang!

TP TBS dan BM Lakukan Kunjungan Usaha Produktif

Ketika ada dua Tempat Pelayanan (TP) Kopdit CU Betang Asi bersama melakukan kunjungan ke tempat usaha produktif tentu menarik. Ada alasan dan tujuan yang mesti di lakukan untuk kemajuan anggota.

Baru-baru ini pada (7/10) lalu Kopdit CU Betang Asi TP. Tahasak Batu Sepan (TBS), Pujon dan TP Batuah Marajaki (BM), Petuk Liti. Rombongan yang dikoordinir oleh manajemen dari ke dua TP yaitu Junaedi  dari TP TBS dan Esti Vetra Kasih dari TP BM.

Ada 43 orang yang mengikuti kunjungan ini. Semuanya tentu anggota kopdit CU Betang Asi, 30 Orang dari TP.TBS dan 13 orang dari TP BM.  Kesemuanya sudah memiliki usaha produktif .

“Tujuan dari kegiatan ini adalah anggota dapat menangkap dan memanfaatkan peluang–peluang usaha yang ada di sekitarnya, dan dapat mulai membangun usaha baru yang sifatnya berkelanjutan dan mudah dilakukan ,” jelas Junaedi.

Manajer muda ini menambahkan, usaha produktif yang dilakukan tidak hanya mengandalkan satu jenis usaha yang ada apalagi yang sifatnya tidak dapat di perbaharui. Sehingga rombongan diajak ke 2 tempat percontohan usaha produktif sudah berhasil dan ramah lingkungan.

Usaha produktif yang dipilih adalah budidaya ayam petelur dan ikan. Pengelola dari usaha ayam petelur adalah Romo Subandie, penasehat dari kopdit CU Betang Asi. Lokasi budidaya ayam petelur ini ada di desa Pilang, Pulang Pisau.

Dalam penjelasan yang disampaikan Romo Bandi kepada rombongan pentingnya untuk pemilihan jenis bibit, pakan, air, sanitasi cahaya dan sirkulasi udara. Romo yang memiliki 500 ekor ayam petelur ini menekankan pemasaran dari hasil telur ini mudah. Bicara kualitas, masyarakat lebih senang karena telur tersebut baru di produksi. Sebagai makanan pengganti daging telur selalu dicari masyarakat hampir setiap hari. Serta untuk pembuatan bahan campuran pembuatan kue, roti dan makanan ringan lainnya.

Terkait modal awal, usaha ayam petelur ini tidak memakan biaya mahal. Untuk pembuatan kandang kita bisa memanfaatkan jenis kayu dan bambu yang ada disekitar kampung. Belum lagi pendapatan tambahan dari usaha ini mencapai rata-rata 7 hingga 8 juta per bulan dari hasil  penjualan telur ayam.

Selain telur, manfaat lain anggota bisa menggunakan kotoran ayam sebagai pupuk bagi semua jenis tanaman sayuran, lombok dan buah-buahan seperti yang rombongan temui di sekeliling kandang saat itu. Tanaman jagung yang ditanam disekitar kandang atau lahan yang kosong. Apabila panen, buah jagung tersebut bisa dimanfaatkan untuk salah satu campuran jenis bahan pembuatan pakan ternak ayam.

Usaha produktif kedua yang tidak kalah menarik adalah budidaya ikan. Usaha ini di kelola oleh “KAMETAK” yang ada di Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau. KAMETAK adalah nama salah satu usaha kelompok yang sudah berjalan dan merupakan kelompok binaan Kopdit CU Betang Asi.

Rombongan diajak untuk melihat 8 kolam. Dari penjelasan Damianus Kartiman, pemilik kolam anggota dapat melakukan panen 2 kolam dalam setiap 2 bulan dan bisa mendapatkan hasil panen ikan jenis Patin dalam kurun waktu 6–7 bulan masa produksi. Dari ukuran kolam 10x30 meter berkapasitas antara 4.000 – 5.000 ekor bibit ikan dapat menghasilkan keuntungan bersih rata-rata 8–9 juta rupiah per kolam.

Dalam penjelasannya Damianus menekankan pentingnya pemilihan jenis bibit ikan yang di pelihara, jenis/ pemberian pakan, PH air dan Kandungan zat dalam air.  Sehingga berdampak pada hasil panen yang bagus dan pemasaran ikan juga mudah.

Dari kunjungan yang dilakukan selama ½ hari tersebut manfaat lain yang dirasakan anggota adalah mereka membuat jaringan keterikatan pemanfaatan dari usaha tersebut. Salah satunya adalah membuka pemasaran ke daerah–daerah atau ke sesama anggota CU yang membutuhkan.

 “Kami berharap, semangat dan jiwa membangun usaha produktif Anggota CU dapat tumbuh, sehingga bisa membangun pendapatan baru bagi keluarga dengan cara baru yang lebih ringan tanpa harus bekerja keras tetapi bekerja cerdas,” pungkas Junaedi.

Sumber foto dan tulisan: Manajer TP TBS.



Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, October 25, 2016
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved