Selamat Datang!

Pentingnya Financial Literacy

Apa itu financial literacy?. Apa pentingnya bagi kami?. Pertanyaan ini sering diungkapkan peserta pendidikan CU di Kopdit CU Betang Asi. Banyaknya pertanyaan ini terungkap saat informasi Financial Literacy (FL) akan di berikan bagi anggota yang sudah melakukan pendidikan wajib-1 (baca pendidikan Credit Union)

Selama 2 hari pelatihan FL akan diberikan oleh fasilitator yang di tunjuk bagian pendidikan dan pelatihan Kopdit CU Betang Asi. Materi yang disampaikan mengacu dari pelatihan yang telah di lakukan oleh jaringan Asian Confederation of Credit Union (ACCU) yang berkantor di Bangkok, Thailand dan diadopsi oleh Badan Koperasi Credit Union Kalimantan (BKCUK).

Financial Literacy adalah kemampuan untuk memproses informasi-informasi keuangan untuk menetapkan keputusan dalam pengaturan keuangan pribadi. Bagaimana meningkatkan aset, merencanakan pensiun, meminjam  dengan bijaksana, meningkatkan tabungan dari kesadaran dan rencana individu.

Pentingnya FL di terapkan untuk memahami dan mampu melakukan internalisasi terhadap misi Credit Union, menolong orang agar dapat menolong diri mereka sendiri (helping people help themselves), menganalis produk dan pelayanan Credit Union sebagai solusi masalah keuangan anggota atau sebagai kebutuhan pada tiap tahap kehidupan anggota.

Hal lainnya, untuk mempelajari bagaimana menciptakan kesejahteraan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, mengartikulasikan aturan manajemen keuangan, mempraktekkan cara menabung yang baik, menunjukkan kebutuhan akan dana darurat.

Tidak kalah pentingnya FL juga berguna untuk menetapkan jalan membangun kesejahteraan bagi para anggota, mengilhami anggota agar merencanakan tahap-tahap kehidupan mereka dan membangun keterampilan dalam membuat anggaran pribadi.

Dari pernyataan presiden Obama pada 31 Maret 2011 terungkap bahwa, pulihnya Amerika dari krisis ekonomi terburuk dalam beberapa generasi. Tidak kalah penting daripada sebelumnya untuk memiliki pengetahuan tentang konsekuensi dari keputusan keuangan.

Ungkapan ini bermakna, sekitar 65% beberapa anak-anak siswa terkejut dan tidak mengerti dari proses pinjaman yang terjadi pada mereka. Ada 4 dari 5 orang dewasa mendapatkan keuntungan tambahan dari jawaban yang diberikan oleh konsultan keuangan profesional kepada mereka. Bahkan, 42% memberikan nilai C, D atau F kepada diri mereka sendiri terkait pengetahuannya untuk bidang keuangan.

Dari sumber lain terungkap bahwa untuk mengajarkan FL kepada para anak-anak dimulai pada tahap pertama yang berusia 5-6 tahun  dengan mengajarkan mereka dapat mengerti akan konsep uang dan memberikan pemahaman bahwa uang dapat membeli sesuatu dan mendapatkan pelayanan dari penggunaan uang.

Tahap kedua, berusia 7-9 tahun, anak diajarkan untuk memulai kebiasaan menabung, bertanggung jawab untuk keputusan penggunaan uang dan memulai merencanakan tujuan keuangan jangka pendek.

Tahap ketiga, berusia 10-12 tahun, anak diajarkan untuk memahami transaksi keuangan yang dilakukan, nilai dari uang dan merencanakan tujuan keuangan mereka pada jangka menengah. Pada tahap keempat, anak berusia 13-15 tahun di ajarkan untuk membuat rincian biaya dan mengetahui tetang kartu pinjaman dan kartu tabungan.

Sedangkan pada tahap kelima, anak berusia 16-18 tahun anak sudah dapat memahami tentang investasi, peminjaman uang pajak dan asuransi, mengenalkan pekerjaan paruh waktu (menghasilkan uang) dan pengertian tentang rencana anggaran belanja keluarga. Pada kelima tahap ini orang tua harus memberikan pedampingan sesuai tahapan yang dijalani.

Anggota kopdit CU Betang Asi dapat meningkatkan keterampilan mengelola keuangan mereka dan mengikuti pelatihan FL. Setiap bulan akan diadakan di kantor pusat Palangka Raya dengan peserta minimum 20-30 orang. Peserta dapat mengikuti 2 hari tanpa dipungut biaya. Ayo segera daftarkan diri anda!.

Sumber gambar: https: mirshahi.wikispaces.com; sumber berita di sarikan dari berbagai media di internet.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, September 23, 2016
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved