Selamat Datang!

KPD Kalteng Laksanakan RAT Tepat Waktu

Sejumlah 39 orang lebih berkumpul dalam RAT KPD Kalteng Tahun Buku 2015. Acara yang dipusatkan di Aula Kopdit CU Betang Asi Lantai-3 ini diawali sejak pukul 9 pagi hingga  6.30 malam.  RAT dibuka secara resmi perwakilan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Tengah. Walaupun kehadiran kuorum peserta hanya mencapai 14,29%, RAT yang dilaksanakan pada Senin 29 Februari 2016 ini tetap menghadirkan diskusi dinamis dari peserta yang hadir.

Dalam laporannya sebagai ketua panitia, Juli menyebutkan panitia di bentuk dalam SK pengurus nomor 02/SK-PENGURUS-KPD/II/ 2016. Dalam masa persiapannya mereka melakukan rapat sebanyak 3 kali. Sejumlah 27,2 juta rupiah di kucurkan untuk pelaksanaan RAT yang bertema “Memperkuat Jaringan Usaha yang Kompetitif untuk Menghadapi Tantangan Global”.

Sebelum dibuka secara resmi oleh Widodo, yang mewakili Kadiskop UMKM Provinsi Kalteng, Ambu Naptamis sebagai ketua pengurus KPD Kalteng menyampaikan sambutan.  “Tema RAT kita menarik dan saya memikirkan ini refleksi situasi dan kondisi KPD sejak awal berdiri. Di jaman global sekarang di jalan Tilung ada 2 pesaing yang buka, ini bisa mengganggu eksistensi KPD,” kata Ambu. Ia melanjutkan, KPD punya kelebihan salah satunya adalah harga yang bersaing. Ia  mengajak supaya bersama-sama mewujudkan misi dan visi KPD untuk kesejahteraan anggota.

Dalam sambutannya Kadiskop UMKM provinsi Kalteng yang dibacakan Widodo, RAT adalah acara puncak dari koperasi dalam menjalankan mandat dari pengurus dan pengawas. Ia memantau saat ini KPD sudah menunjukkan keuntungan dan trend yang sangat pesat.

“Sebagai informasi ada 3 ribuan koperasi di Kalteng, baru 22% yang bisa melaksanakan RAT, baru 454 koperasi melaksanakan RAT. Dari 78% seharusnya di bubarkan karena tidak mematuhi UU, tapi masih ada toleransi. Saya berharap ke depan koperasi tidak usah terlalu banyak tapi besar,” jelasnya.

Usai dibuka secara resmi, acara RAT dilanjutkan dengan penyampaian LPJ pengurus KPD Kalteng, penyampaian LPJ Pengawas KPD Kalteng, pembahasan draft AD/ ART, pembahasan Manual Operasional Pelayanan KPD Kalteng dan penyampaian program kerja Tahun Buku 2016.

Acara yang juga diselingi dengan doorprize yang disediakan panitia ini juga dilakukan penetapan pengurus, pengawas dan penasehat periode 2016-2019 yang dilakukan oleh tim formatur. Dalam laporannya, Tito Buhoy sebagai ketua tim formatur bekerja berdasarkan SK Pengurus No 01/Kep.Peng/KPD-KT/I/2016. Tim telah rapat sebanyak 4 kali.

Hasil dari tim formatur yang ditetapkan dalam surat keputusan Nomor: 01/PANLIHRUS/KPD/II/2016 tentang pengurus. Ambu Naptamis sebagai ketua, F.X. Manesa sebagai wakil ketua, Gregorius Doni Senun sebagai sekretaris, Pitur L. Sanen sebagai wakil sekretaris dan Karna Sophia Simbolon sebagai bendahara. Sedangkan tentang pengawas, Mariane Tinse sebagai ketua, Endie D. Karim sebagai sekretaris dan Elita sebagai anggota. Tim formatur juga menetapkan T.T. Suling, Tito Buhoy  dan Dehen Erang sebagai penasihat. Satu dari enam butir rekomendasi yang di sampaikan tim formatur adalah terkait pelatihan sertifikasi calon manager untuk  menyiapkan para manager yang handal.

Pengurus dan pengawas terpilih dilantik, dipimpin T.T.Suling, diikuti dengan pengucapan sumpah dan janji, serta penandatanganan fakta integritas.

Semoga KPD Kalteng semakin berjaya!. Hanya KPD.

Keterangan foto: Foto bersama usai kegiatan RAT (atas); suasana RAT saat membahas MO Pelayanan (bawah)

Sumber berita dan foto: Rokhmond Onasis


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, March 1, 2016
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved