Selamat Datang!

Betang Asi Peringkat 12 Terbaik

“Kopdit CU Betang Asi merupakan salah satu anggota PUSKOPDIT dan menjadi CU berprestasi,” itulah yang di ungkapkan oleh Marselinus Sunardi, ketua pengurus BKCUK Kalimantan saat RAT konsolidasi CU Betang Asi, Sabtu lalu (6/2). Sambutan yang dibacakan oleh Antonius Anyu, bendahara pengurus BKCUK, per November 2015 anggota individu sebanyak 4.338.802 dan asset  sebesar 5,9 Triliun. BKCUK merupakan PUSKOPDIT terbesar dari 36 PUSKOPDIT di Indonesia dengan 44 CU sebagai anggota.

Lain halnya sambutan yang disampaikan oleh ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (DEKOPINWIL Kalteng), Dehen Erang. Ia menyampaikan informasi bahwa kesuksesan Kopdit CU Betang Asi bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan agar bisa menjadi lebih baik se Kalimantan Tengah baik sampai ke seluruh Indonesia.

Di saat yang sama, Dehen menginformasikan Dewan Koperasi Indonesia telah menetapkan ada 40 koperasi terbaik di Indonesia satu tokoh berkategori khusus dan lembaga. Kategori khusus yang di berikan DEKOPIN Award adalah untuk Kopdit CU Betang Asi, mendapatkan peringkat ke 12 koperasi terbaik di seluruh Indonesia. Dikatakan, jangan malu menjadikan Kopdit CU Betang Asi menjadi model dalam perkembangan koperasi. Ada 3.178 koperasi di Kalimantan Tengah bisa dikalahkan oleh Kopdit CU Betang Asi.

RAT konsolidasi dihadiri 303 utusan dari 20 TP/ TPK yang ada di Kopdit CU Betang Asi. Dilaksanakan di lantai 5 Golden Christian School Palangka Raya. Utusan yang dimaksud sudah termasuk staf, kolektor, aktivis dan anggota Kopdit CU Betang Asi. Penyampaian opini public disampaikan oleh Sonny mewakili Drs. Widarto, Ak, MM, M.Si, CPA, CA. Laporan opini tertulis kondisi Kopdit CU Betang Asi dari laporan keuangan yang terlampir disajikan secara wajar dalam segala hal yang material, kinerja keuangan dan arus kasnya sesuai dengan Standar Akutansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Public (SAK ETAP)

Tema RAT tahun ini adalah ‘anggota menolong anggota untuk memperkuat pemberdayaan komunitas’. Ini menjadi penanda bahwa Kopdit CU Betang Asi dituntut terus menjalankan misi pemberdayaan.  “Kita tetap berkomitmen gerakan Kopdit CU Betang Asi mengajarkan anggota untuk terus bertekun, berhemat dan berproses dijalan pemberdayaan,” kata Ambu Naptamis saat menyampaikan sambutan.

RAT dibuka secara resmi oleh perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Kalimantan Tengah, ditandai dengan pemukulan gong 7 kali. Acara yang dimulai pukul 9 pagi hingga pukul 5.30 sore ini menetapkan beberapa keputusan penting yaitu penetapan tata tertib, pengesahan kuorum, penyampaian dan pengesahan LPJ pengurus dan pengawas, penyampaian dan ketetapan distribusi SHU,  pembacaan dan pengesahan rancangan program kerja Kopdit CU Betang Asi TB.2016, serta penarikan undian berhadiah.

Catatan lainnya adalah disayangkan, di tahun buku 2016 terkait pengundian berhadiah bagi peminjam yang aktif ditiadakan. Kedua, pentingnya semua anggota Kopdit CU Betang Asi bertindak aktif untuk menurunkan kredit lalai yang masih di atas 5%. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga lembaga milik masyarakat (anggota) ini menjadi berkelanjutan. Menariknya pada tahun ini saat rehat minum/ makan peserta diminta untuk menuliskan cita-cita bersama 40 tahun perjalanan CU Betang Asi (2003-2043) di “kapsul waktu” yang disediakan panitia.

Keterangan foto: Foto bersama pendeta Tantan, pengurus, pengawas, BKCUK, GM dan Deputy GM usai ibadah singkat sebelum RAT dimulai

Sumber berita: Rokhmond Onasis; sumber foto: https://www.facebook.com/domingosneves.neves


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, February 12, 2016
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved