Selamat Datang!

TP. BB Peduli Asap

‘Lingkungan adalah hidupku, tabungan adalah masa depanku’. Kalimat ini sangat sesuai dengan kondisi yang terjadi di provinsi Kalteng baru-baru ini. Sejak awal September 2015, asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan menjadi tak terkendali.

Kondisi ini berdampak pada  berkurangnya produktivitas masyarakat anggota CU untuk beraktivitas. Jika aktivitas turun maka kemampuan anggota menabung dan membayar kewajiban akan berkurang juga.

“Setidaknya ini merupakan salah satu bentuk protes kepada pemerintah, karena selama ini tidak serius menangani kebakaran lahan. Paling tidak dengan adanya aksi ini, pemerintah melihat, ini adalah permasalahan serius dan memang harus segera ditanggulangi,” jelas Yepta Diharja, Manajer TP. BB pada penulis Kamis (17/9) di Palangka Raya.

Pembagian masker ini dilakukan pada Sabtu, 12 September 2015 lalu. Dimulai dari pukul 7.30-09.00 pagi dipusatkan pada 2 titik. Satu, di taman kota Kuala Kurun. Dua, di ruas jalan Tjilik Riwut. Menurut Yepta, selain masker, ada juga teman-teman yang keliling dan membagikan brosur tentang produk CU dan manfaat ber-CU. Salah satunya Apriady L. Djaga, kolektor CU yang ikut berkeliling ke pasar dan rumah-rumah membagikan masker sekaligus brosur.

Tidak sampai tengah hari, 2000 masker yang dibagikan telah habis. CU Betang Asi tidak sendiri, berkat kerjasama dari pihak POLRES Gumas Kuala Kurun untuk pengamanan jalan, karena di Kuala Kurun tidak ada lampu merah, sehingga pengendara di minta berhenti oleh polisi. Masyarakatpun mengucapkan terima kasih dan bagi anggota yang sudah mengenal CU merasa senang karena CU sudah turun ke jalan dan peduli.

Yepta menutup pembicaraan dengan mengharapkan inisiatif mencegah dampak asap untuk kesehatan masyarakat tidak terjadi kembali karena cuaca tahun depan dapat cerah dan tidak terjadi kebakaran tak terkendali. “Pemerintah harus segera bertindak supaya cuaca seperti ini tidak terjadi lagi sehingga tidak ada lagi dibagikan masker,” jelasnya. Pria beranak dua ini juga menginfomasikan, kegiatan yang melibatkan 10 staf Kopdit CU Betang Asi, Tempat Pelayanan Betang Batarung (TP. BB) Kuala Kurun ini di ambil dari dana promosi lembaga.

Sumber foto: Yepta Diharja


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, September 17, 2015
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved