Selamat Datang!

CU EPI Lakukan Pendas 16 Jam

Bertempat di TP. Parenggean pendidikan dasar bagi anggota di lakukan. Tempat Pelayanan (TP) Parenggean ini tepat berada disisi jalan Kalikasa (Parenggean-Sangai) yang beraspal mulus.  Kantor yang tahun lalu diresmikan oleh Romanus Woga (Ketua INKOPDIT) pada 18 Februari 2014, menjadi pusat pendidikan dasar (pendas) selama 16 jam yang dilakukan bersama staf dan anggota kopdit CU Eka Pambelum Itah, Sampit.

Parenggean adalah ibukota kecamatan Parenggean dan masuk dalam administrasi kabupaten Kotawaringin Timur. Berjarak tempuh sekitar 1,5 jam dari kota Sampit. Dapat dilalui dengan aspal yang mulus. Hanya beberapa titik yang masih dilapisi batu dan tanah. Jika kita berangkat dari kota Palangka Raya perjalanan dapat ditempuh selama 3,5-4 jam dengan kecepatan berkisar 80 km/ jam.

“TP. Parenggean dipilih menjadi tempat pendas selama 16 jam sebagai awal untuk memberikan pemahaman yang baik terhadap CU EPI, sekaligus mengajak peserta agar fokus menerima materi,” jelas Mahdelena Antisa kepada penulis.

Perempuan yang dipercaya sebagai manejer CU EPI ini menjelaskan bahwa selama ini pendidikan yang dilakukan belum mencapai durasi 16 jam. Hanya 2-3 jam sehingga anggota mempunyai waktu yang terbatas untuk berbagi informasi.

Sebanyak 30 orang terlibat aktif dalam pelatihan ini. Mereka menerima materi pendas yang difasilitasi oleh Rokhmond Onasis. Lebih dari 75% peserta berasal dari staf CU EPI yang tersebar wilayah pengembangan CU EPI pada kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan.

Acara yang dimulai pukul 8 pagi hingga 16.30 sore ini berlangsung pada 26-27 September 2015 lalu. Di sesi malam hari fasilitator mengajak peserta yang menginap untuk menonton film berjudul Exodus Gods and Kings. Film yang dibintangi Christian Bale pada tahun 2014 ini bercerita tentang panggilan hidup Musa dan bertema leadership.

Berbagai komentar dan evaluasi muncul dari peserta pelatihan usai pelatihan. Tisa mengungkapkan bahwa pendidikan dasar ini memberikan pencerahan bahwa betapa pentingnya pengelolaan keuangan yang baik bagi kehidupan kita. Ia semakin paham dan  mengerti bahwa ber-CU itu bukan hanya mengurus uangnya saja tetapi juga mengelola orangnya (anggota).

Tisa menambahkan, tidak hanya manusia, kepedulian terhadap lingkungan juga menjadi penting. Pendidikan dasar menyadarkan kita bahwa ber-CU harus paham bahwa meminjam dengan baik itu adalah pinjaman yang menghasilkan. Bahkan ia berpesan semoga melalui pendas ini staf yang menjalankan CU ini nanti menjadi semakin paham dan menguasai semua hal tentang CU.

Pentingnya ber-CU juga di ceritakan oleh Andreas setelah ia mengikuti pendidikan ini. Ia akan bekerja lebih maksimal untuk giat belajar dan bekerja menuju masa depan yang lebih baik lagi. Ia berpesan semoga CU EPI ke depannya akan lebih berkembang dan lebih dipercaya di kalangan masyarakat.

Materi yang dibawakan dalam pendas meliputi analisis sosial, sejarah CU, struktur organisasi, mitra kerja, dasar-dasar hukum, prospek simpanan, financial literacy/ rencana keuangan keluarga dan pola kebijakan pengurus.

Adapun peserta yang mengikuti pendas adalah, Mahdalena Antisa, Efander Tanong, M.Sunardi, Roby, Seto, Ika Yuli Christanti, Luh Putu Y.Dewi, Karuhei, Krisling, Ayu Y.F, Apri Maka Yudas, Marsianus Samba, Susi Ati, Sri Wahyuni, Nanik Handayani, Doseno, Megawati, Restu Ariandi, Kristolius, Hendra Wijaya, Andreas, Minto, Ariana Maria M.A, Sumiati, Suharjana, Pating, Yuliani, Yuname Ida, Siprianus dan Novi Yanti

Semoga lembaga yang ber-visi lembaga kopdit masyarakat  Kotawaringin Timur dan Seruyan terbesar, terpercaya, berdasarkan nilai – nilai   dan prinsip – prinsip credit union dan ber-misi mewujudkan kesejahteraan anggota kopdit CU Eka Pambelum Itah melalui: pelayanan keuangan secara professional; pendidikan anggota dan aktivis yang berjenjang dan berkelanjutan; pengorganisasian kelompok usaha anggota dan menciptakan tata kelola credit union yang baik ini dapat mensejahterakan anggotanya dengan tetap mengutamakan kepentingan anggota di atas segalanya.

Sumber foto: Rokhmond Onasis.






Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, September 29, 2015
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved