Selamat Datang!

Penarikan Undian TAS di Sei Hanyo

Dari kejauhan sekolah dasar itu berhalaman luas. Posisinya tepat berada di pinggir jalan beraspal mulus. Suasana tidak terlalu ramai. Perayaan 17 Agustus ke-70 tahun hanya menyisakan tulisan ‘DIRGAHAYU RI KE-70’ di pintu gerbang sekolah SDN-2 Sei Hanyo.

Pagi itu, di salah satu dinding sekolah telah terpasang spanduk bertuliskan ‘PENARIKAN UNDIAN SIMPANAN TAS KOPDIT CU BETANG ASI TP. BETANG BATARUNG’ tulisan juga di lengkapi dengan logo CU pada sebelah kiri. Pada bagian bawahnya gambar sepeda, jaket, tas sekolah dan halaman depan buku Tabungan Anak Sekolah (TAS).

Persiapan kecil dilakukan oleh guru-guru SD di tempat ini pada Senin (24/8). Mengatur kursi, menyiapkan murid berbaris rapi.  Usai salam pembukaan oleh pemandu acara, Yepta Diharja, SP dilanjutkan sambutan singkat dari Leani, ST sebagai Deputy GM. Siden, S.Pd sebagai Kepala sekolah SDN-2 juga memberikan kata sambutan. Tampak hadir Rusinde, S.Pd, MM, kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Kapuas Hulu dan Yan Miller, BA Camat Kapuas Hulu.

Salah seorang pengawas dari kopdit CU Betang Asi turut hadir, Tunjung Amel, S.Pd, MM di temani manajemen dari kantor pusat, TP Betang Batarung dan Apriady L. Djaga, kolektor CU. Masih dalam rangkaian penarikan undian TAS, Tunjung Amel mengatakan bahwa sebelum penarikan akan dilakukan perlombaan untuk memperingati (kembali) HUT kemerdekaan RI ke-70.

Raut wajah anak-anak SD melukiskan semangat. Ada yang beralaskan kaki (sepatu) lengkap. Namun ada pula yang tidak menggunakan sepatu dan seragam sekolah yang kancingnya terlepas. Namun senyum tetap menghiasi bibir mereka.

Dalam sambutannya Pak Camat mengatakan momen yang diselenggarakan saat ini anak-anak di ajarkan untuk menabung dan kita harus melatihnya sejak kecil. CU Betang Asi membantu masyarakat untuk mengelola uangnya.

Bahkan Pak Camat menegaskan bukan hanya untuk anak-anak, orang tua yang dewasapun hendaknya mengikuti CU dengan baik tidak berfoya-foya dengan uang hasil jual beli lahan. Bukan lari ke arena judi dan akhirnya kembali bekerja banting tulang untuk menyedot emas, lebih baik menabung untuk menjaga masa depan.

Ia menyambut baik program CU yang turun ke kecamatan Kapuas Hulu yang terdiri dari 14 desa dan dihuni sekitar 11 ribu jiwa. Pak Camat berharap CU dapat bertahan dan berkembang dengan baik di daerah kecamatan Kapuas Hulu.

Pencabutan undian pertama kali dipercayakan kepada Rusinde, kepala UPTD Pendidikan Kapuas Hulu.  Selanjutnya oleh Tunjung Amel dan oleh Yan Miller,  camat Kapuas Hulu. Kali ini, yang beruntung anak SMA Desfira Watie dari kelas X-c SMAN-1 Kapuas Hulu, Sei Hanyo mendapatkan hadiah utama. Usai pencabutan undian, acara dilanjutkan dengan perlombaan lari membawa kelereng di atas sendok, lari karung, tarik tambang dan sepeda lambat.

Dari pantauan penulis, kondisi fisik untuk sarana dan prasarana SD ini kurang layak, di tandai dengan coretan pada meja dan kursi di kelas, penggunaan papan tulis berkapur, plafon yang terlepas, hanya jam dinding yang menghiasi pada bagian belakang. Belum terpasangnya foto presiden dan wakil presiden yang baru menjadi catatan tersendiri, apakah dananya tidak ada atau telah digunakan untuk keperluan yang lain, entahlah.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah bagi yang beruntung dan mendapatkan juara dalam perlombaan.

Sumber tulisan: di ringkas dari dokumentasi video, Leani, ST.

***






Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, August 26, 2015
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved