Selamat Datang!

Pelatihan Pendampingan Kelompok Binaan

Bertempat di Wisma Unio Palangka Raya pelatihan Pendampingan Kelompok Binaan dipusatkan. Aula yang terletak di kompleks kantor Keuskupan Palangka Raya ini berada di km.5,5 jalan Tjilik Riwut dari pusat kota Palangka Raya.

Sejumlah peserta dari CU yang berada di wilayah Kalteng berkumpul untuk belajar bersama. Namun, disayangkan CU Eka Pambelum Itah, Sampit tidak mengirimkan utusan. Pelatihan yang difasilitasi oleh Ambu Naptamis dan Marchony ini mengajak peserta untuk merumuskan bersama tantangan, strategi dan rencana tidak lanjut untuk pendampingan kelompok binaan.

Selama 3 hari (4-6 Juni 2015) pelatihan yang di gagas oleh PUSKOPDIT Badan Koperasi Credit Union Kalimantan (BKCUK), Pontianak ini mengirim Dominikus  Dakota dan Sumbogo untuk memastikan pelatihan berjalan dengan baik. Sebagai panitia lokal, kepala District Office (DO) Herculanus Irwandi membantu dalam proses saat di kelas dan di lapangan.

Menurut Ambu, yang juga mantan anggota pengurus BKCUK ini, ada 4 tujuan dari akhir pelatihan. Pertama, peserta sharing/ berbagi. Kedua, peserta saling mendalami spirit, metode dan bentuk dari pendampingan kelompok binaan. Ketiga, merumuskan arah/ strategi usaha pemberdayaan. Keempat, mendorong CU primer dapat membentuk kelompok usaha.

Ambu mengharapkan peserta mendapatkan pembelajaran, mendalami spirit, merumuskan strategi kegiatan di lingkungan CU primer dan akhirnya CU primer termotivasi untuk membentuk kelompok usaha/ pendampingan.

Pelatihan dipandu menjadi 2 bagian. Belajar di kelas dan melihat secara langsung di lapangan pada kelompok yang telah berjalan baik di bidang pengolahan hasil karet. Kampung Gohong dan sekitarnya di kabupaten Pulang Pisau dipilih menjadi hari pertama sebagai tempat kunjungan. Di kampung ini telah terbentuk kelompok tani yang berbasis pada pengolahan dan penjualan Bahan Olah Karet (BOKAR).

Sedangkan di hari ketiga, pabrik karet Borneo Makmur Lestari yang terletak di km. 47 Tjilik Riwut menjadi tempat kunjungan untuk melihat secara langsung kualitas BOKAR dengan standar pabrik. Tentu saja, hasil dari kunjungan lapangan selama sisa ½ hari pada hari ketiga akan di kupas di dalam kelas dan menghasilkan rekomendasi dan rencana tindak lanjut bagi masing-masing CU.

Salah seorang peserta yang sempat penulis tanyakan terkait hasil pelatihan. Perempuan yang dipercaya sebagai manajer TP Maju Bersama, Ugang Sayu, Barito Timur mengungkapkan pendampingan kelompok baru saja dimulai dan setelah pelatihan ini usaha karet di daerahnya dapat membaik. “Saya berencana setelah pertemuan ini akan membentuk kelompok usaha dan akan menemukan jalan keluar untuk menjalankan pembinaan kelompok dampingan,” kata Eniwati perempuan Dayak Maanyan, dari CU Sumber Rejeki.

Adapun peserta mengikuti pelatihan ini sebagai berikut. Dari CU Sumber Rejeki, Ampah, Oktavianus Ladjar-deputi bidang pemberdayaan; Bangbang Herawan-aktivis; Patakulana-anggota pengawas; Ason-staf kredit; Morten-manajer TP; Poltak Gultom-manajer TP; Isra Ul Huda-Manajer TP; D.D Fernandes-sekretaris pengurus; Muliantono-wakil ketua pengurus.

Dari CU Betang Asi, Palangka Raya, Isu Peri S- aktivis; Junaidi-manajer TP; Eprison-aktivis; Damianus Kartiman-aktivis; Milo Karni-staf; Gasie-aktivis; Thomas Fajar-aktivis; Herry Agus-aktivis; Yepta Diharja- manajer TP; Mari Riwayanto Setiawan-aktivis; Yohanes Changking-manajer Diklat/ Litbang; Silvester Suanda-staf; Yulius Langkah A.D, S.Th-anggota pengurus.

Dari CU Remaung Kecubung, Pangkalan Bun, Elmina Yati-aktivis; Denes-aktivis; Budi Wardoyo-kepala TSP; Didi-kepala TSP; Ficencio Amaral-kepala TP;  Sugeng Subagiya-kabag Diklat; Mateus Sanyata-kepala TP; Mitun Purba-staf keuangan; Yuda Sastra Toguh-staf Diklat;

Sedangkan dari Kalimantan Timur ada CU Sempekat Ningkah Olo: Antima Suci-Pokti; Hasrani Arie Ponno-kabag Diklat; Syahran-wakil ketua pengurus; juga dari CU Daya Lestari: Alexander Usah-anggota pengurus; Paskalis Gah Tekwan-anggota pengurus; Simon Jaan-anggota pengurus; Aloysius Kuweng Ledok-bendahara pengurus. Penanggung jawab kegiatan dari BKCUK,  Herkulanus Irwandi; Sumbogo dan Dominikus Dakota.

Keterangan foto: Utusan dari CU Betang Asi saat perkenalan peserta.

Sumber foto: Rokhmond Onasis.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, June 6, 2015
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved