Selamat Datang!

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Petani Sengon

Tumbang Talaken – Yayasan Borneo Institute mengadakan pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk petani Sengon. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 20 – 21 Mei 2015 bertempat di rumah Muliadi di Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas.

Pelatihan dihadiri petani sengon dampingan Borneo Institute yang juga anggota CU Betang Asi. Peserta berasal dari perwakilan kampung Rabambang dan Tehang berjumlah 10 orang. Ada 3 orang perempuan dan 7 orang laki-laki.

Sebagai narasumber dan fasilitator pelatihan ditangani langsung Marchony, SE dan di bantu oleh Tevitius, SE dari lembaga Dayak Panarung (LDP). Keduanya berpengalaman dalam pelatihan dan pendampingan kelompok petani.

Dalam pelatihan selama 2 hari ini banyak hal yang disampaikan dan di diskusikan bersama petani sengon tentang pengalaman pengelolaan keuangan. Pelatihan ini memberikan keterampilan dasar tentang penghasilan, pengeluaran, anggaran, tabungan dan pinjaman bagi keluarga.

Pelatihan pengelolaan keuangan ditujukan untuk perempuan dan lelaki, meskipun tujuan utama untuk perempuan. Seringkali perempuan sebagai pengelola keuangan keluarga. Pelatihan bertujuan mempromosikan perilaku positif untuk lebih banyak menabung, pengeluaran yang lebih bijaksana dan meminjam dengan alasan yang tepat.

Dengan mengikuti mengikuti pendekatan pendidikan orang dewasa para peserta akan turut mengambil bagian dalam diskusi kelompok, berbagi pengalaman baik positif maupun pengalaman negatif mereka, dan mengali pelajaran baru bersama melalui berbagai permainan peran dan studi kasus.

Diharapkan dengan mempelajari, mengatur keuangan keluarga dengan baik dan melalui metode sederhana dapat membantu keluarga, sehingga dapat meraih tujuan finansial masa depan yang lebih baik untuk keluarga dan anak-anak.

Sumber berita dan foto: Marchony (Lembaga Dayak Panarung).


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Sunday, May 24, 2015
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved