Selamat Datang!

TOT Fasilitator CU Betang Asi 2014


“Anda dapat memiliki ide-ide brilian, tapi bila ide-ide itu tidak dapat anda kemukakan, hal itu tidak berarti apa-apa”. Tulisan dominan berwarna kuning ini memaksa penulis untuk berpikir sejenak dan mendalami maknanya, sesaat masuk ruang pertemuan.

Kalimat ini terpasang di bagian depan aula pertemuan lantai-3 kantor pusat Kopdit CU Betang Asi. Di bagian atasnya jelas tertulis kegiatan yang sedang dilakukan yaitu, Pelatihan Training Of Trainers (TOT) Fasilitator Credit Union Betang Asi Tahun 2014; Palangka Raya 22-24 Oktober 2014.

Ada 29 orang yang berasal dari Tumbang Hakau, Tumbang Manggu, Samba Danum, Sepang Kota, Hurung Bunut, Tumbang Sepan, Tuwung, Telok, Marikit, Petuk Liti, Kuala Kurun, Desa Mekar Jaya Pulang Pisau, Mantangai dan Palangka Raya. Kesemuanya berasal dari TP/ TPK Kopdit CU Betang Asi.

Sebagai fasilitator pelatihan di percayakan kepada Gregorius Doni Senun, Sekretaris pengurus, juga berpengalaman dalam memfasilitasi pendidikan CU. Goris, panggilan sehari-harinya ditemani Bambang Mantikei dan Yohanes Changking.

Selama proses 3 hari cukup banyak pengalaman dan pengetahuan yang diterima peserta terkait proses memfasilitasi pendidikan CU. Salah seorang peserta yang berasal dari Palangka Raya menceritakan pengalaman yang didapatkan. Peserta mendapatkan bagaimana cara memfasilitasi anggota. “Terkait TOT yang baru dengan kebijakan CU Betang Asi saya melihat banyak perubahan-perubahan metode penyampaian pendidikan dari yang dulu dengan yang sekarang, ada update kegiatan dan materi,” kata Tevitius.

Pria yang akrab dipanggil Tius ini melanjutkan, keterampilan yang dipelajari dalam TOT, mereka diberikan pengarahan dan masing-masing peserta mempraktekkan materi di depan kelas, dengan sebelumnya fasilitator memberikan coaching dulu. “Saya kebetulan mendapatkan materi dasar-dasar hukum Kopdit CU Betang Asi dan terkait kekurangan yang perlu diperbaiki sebaiknya peserta diarahkan fasilitator bagaimana cara menyampaikan, baru bisa dipraktekkan, terkait materi yang dibawakan,” jelas pria yang aktif di Lembaga Dayak Panarung, lembaga mitra CU ini.

Di tempat yang sama, saat penulis menanyakan ke peserta dari Petuk Liti, Pulang Pisau. Sri Susiyanti yang berasal dari TP Batuah Marajaki, menceritakan pengetahuan yang bertambah adalah di bidang fasilitator untuk menyampaikan ke masyarakat yang mau masuk ke CU Betang Asi. “Saya mendapatkan pengetahuan materi-materi yang akan disampaikan dengan maksimal kepada anggota yang baru sehingga dapat mengerti. Anggota yang mengerti dapat mengembangkan CU yang baik,” jelas Sri.

Namun di balik pengetahuan yang didapatkan, perempuan yang berprofesi bidan ini mengungkapkan kekurangan yang ditemui dalam pelatihan yaitu terbatasnya waktu menyampaikan pada praktek yang dilakukan.

Dari pantauan penulis di hari ke-3 menjelang penutupan, Yohanes Changking, mengatakan proses training selama 3 hari ini akan dilanjutkan dalam praktek menjadi co fasilitator. Ia berharap peserta TOT dapat mengambil peran dan buku panduan fasilitator dapat dipelajari kembali dan dikuatkan dalam praktek.

Dari sisi fasilitator, Goris berharap peserta yang mengikuti pelatihan dapat menjadi fasilitator dan dapat mengembangkan CU di wilayahnya masing-masing. Ia juga menekankan pentingnya jadwal pendidikan yang di buat tidak dadakan setidaknya 1 minggu sebelumnya sudah dijadwalkan.

Harapan senada yang diungkapkan Tius dan Sri, bahwa calon-calon fasilitator dapat diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan sehingga yang dipelajari tidak hilang dan dapat dipraktekkan. Tidak kalah pentingnya ada pelatihan lanjutan untuk memantapkan materi-materi yang didapatkan.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan selama 3 hari adalah, Ida Nurani, Elka, Hansen, Frans P. Kalasa, Erlinae, Saliane, Sri Susiyanti, Susance, Ambun, Silviadiana, Apriyady L. Djaga, Rio Genesizkhel, Firento, Begin, Haga, Hendranto, Supratmanto, Andri, Misraim Neolaka, Tevitius, Heron Yovandhi, Erikson, Napinus Ayan, Adittya W. Yosep, Milo Karni, Agusianto, Thomas Fajar, Lili Veronika dan Pdt. Asplyn Golvin.

Selamat menjalankan pelatihan sesungguhnya pada peserta pendidikan CU di TP/ TPK masing-masing. Bagi alumni pelatihan TOT, pengetahuan dan keterampilan Anda ditunggu untuk diterapkan sehingga ide-ide itu dapat anda kemukakan!

Sumber foto: Dokumen Rokhmond Onasis.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Sunday, October 26, 2014
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved