Selamat Datang!

Rangkaian Kegiatan Juli 2014

Pelatihan Etos Kerja
“Bekerja tidak berpatokan dengan jam, kesadaran mencintai pekerjaan,” itulah kalimat singkat yang keluar dari bibir pria beranak satu ini. Ia adalah salah satu peserta pelatihan etos kerja yang di gagas oleh Badan Koordinasi Credit Union Kalimantan (BKCUK), Pontianak Kalbar.

Kepada penulis, Saluh menceritakan pelatihan yang dilakukan selama 4 hari dari tanggal 16-19 Juli 2014, ini difasilitasi oleh Antonius Alibata. “Saya terkesan karena fasilitator membawakan secara humoris diselingi dengan menyanyi lagu-lagu CU dan permainan sehingga tidak membosankan,” jelas staf diklat TP Betang Sinta Sepang ini.

Saluh menambahkan, pelajaran yang diterimanya mengajak untuk peserta belajar memberikan nilai-nilai yang positif tanpa memandang sisi luar orang lain, mengacu ke pimpinan kita supaya bernilai lebih tinggi. Umumnya pelatihan dimulai sejak pukul 8 pagi hingga 5 sore, namun dalam pelatihan kali ini Antonius Alibata mengajak peserta melakukan senam pada pukul 7 pagi dan meditasi di malam harinya pukul 12 malam.

Dari 43 peserta tidak semuanya berasal dari CU di Kalteng ada sejumlah peserta yang berasal dari Kalimantan Timur, yaitu CU Sempekat Ningkah Olo. Sedangkan dari Kalimantan Tengah di wakili oleh CU Betang Asi, Remaung Kecubung dan Sumber Rejeki.

Kepada penulis, peserta pelatihan yang sempat ditemui, Shiawan Etora menceritakan, ia mendapatkan pemahaman tentang etos kerja, merubah kebiasaan menjadi lebih baik sehingga menjadi tepat waktu dan disiplin. “Metode yang dibawakan fasilitator sangat baik, di mix dengan game, salah satu contoh game adalah “win-win game” game ini diberikan pada hari ke-3, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan mengajarkan kami tentang kebersamaan dan mengurangi sifat egois, belajar bersama, dengan perundingan untuk kepentingan bersama,” ungkap koordinator TPK Kasongan ini.

Membagikan dan menerapkan hasil pelatihan tentu lebih penting dari sekedar menambahkan pengetahuan untuk peserta. Semoga wisma Unio, Palangka Raya yang dipilih sebagai tempat pelatihan menjadi titik awal CU-CU semakin berkembang melayani anggotanya.

Pertemuan Fasilitator Pendidikan CU Besi
Berselang 1 hari usai mengikuti pelatihan etos kerja, sejumlah peserta mengikuti pertemuan fasilitator pendidikan Credit Union, yang dipusatkan di aula pertemuan, kantor pusat CU Betang Asi, Palangka Raya dari pukul 9 pagi hingga 4 sore.

Pertemuan yang dilaksanakan pada Senin (21/7) ini mengundang fasilitator yang berasal dari 8 TP. Dari sekitar 70 peserta yang diundang hanya dihadiri 47 peserta saja. Yohanes Changking sebagai manajer diklat dan litbang mengungkapkan bahwa ini adalah kegiatan yang di lakukan untuk mempertemukan, membangun pemahaman baru dan membagikan modul dan materi pendidikan CU yang telah diupdate. Selain Changking, pertemuan ini juga difasilitasi oleh Bambang Mantikei, sebagai wakil ketua-1 yang bertanggung jawab di bagian pendidikan.

Dalam sambutannya, Ambu Naptamis sebagai ketua pengurus merasa gembira karena pertemuan dapat dilaksanakan. Ia mengatakan bahwa ini menjadi sebuah reuni kembali, bertemunya fasilitator-fasilitator yang telah belajar bersama sejak pelayanan CU Betang Asi  dari tahun 2003 hingga sekarang.

Pertemuan ini menghasilkan tim kecil yang akan mematangkan poin-poin penting yang direkomendasikan dari usulan dan komentar peserta. Salah satunya adalah memfinalkan alat ukur daya serap peserta pendidikan CU dengan menggunakan pre test dan post test.

Sumber foto: Dokumen CU Betang Asi.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, July 22, 2014
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved