Selamat Datang!

Manyang: “CU Dapat Membantu Kita”

CU datang untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk menambah masalah. Itulah kalimat yang tepat di berikan kepada ibu dari Jeki, Vena dan Veni ini. Di masa kesusahan ia merasa terbantu sekali dengan adanya Credit Union Betang Asi.

Walaupun jauh dari keramaian ibu kota kecamatan di Tumbang Talaken, Gunung Mas. Perempuan kelahiran Tumbang Jalemo Kajuei sudah mempunyai tekad untuk masuk CU supaya dapat menolongnya di masa kesusahan. 11 Juli 2014 lalu, penulis menemuinya di Tumbang Jalemu Kajuei, Gunung Mas. Perempuan berusia 44 tahun ini menceritakan kenikmatannya menjadi anggota CU. Berikut petikan pembicaraan Manyang dengan penulis:

Sejak kapan anda masuk anggota CU?

Masuk CU sejak tahun 2007 bulan Agustus, fasilitatornya adalah Asep Nana Sumpena.

Pengalaman menarik apa yang dapat anda ceritakan setelah masuk CU?

Pengalaman selama mengikuti menjadi anggota CU 5 tahun baik untuk anggota, ketika ada kepentingan yang mendesak anggota bisa pinjam, saya sudah 2 kali pinjam. Saya pinjam pertama sebanyak 3,5 juta untuk keperluan saat suami saya meninggal,saya merasa bisa melanjutkan itu dan sudah lunas, yang kedua saya mencoba kembali pinjam sebesar saham sebanyak 10 juta untuk melunaskan uang ujian anak saya di SMA Kristen, hingga sekarang tersisa 7 bulan. Selama proses pencairan hingga pengembalian pinjaman saya tidak menemui kesulitan dan dalam penyetoran saya langsung membawa ke kantor TPK Talaken 1 bulan sekali.

Tantangan yang anda alami saat penyetoran?

Tantangan tidak ada dalam kehidupan saya, hanya ada di masalah yang kecil-kecil tapi tidak sampai CU terganggu. Sehari-hari usaha saya hanya menyadap karet, anak saya 3 orang tapi sudah tinggal di DAS Kahayan.

Setiap bulan rata-rata saya menyadap  300 kg dengan harga sekarang Rp. 6.500 per kg. Saya menyadap dari kebun sendiri dan dari warisan orang tua, hasilnya saya langsung menjual di kampung. Hasil dari menyadap ini mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Penilaian anda kurangnya masyarakat yang berminat masuk CU?

Yang menyebabkan anggota CU di sini masih sedikit saya kurang tahu, ada sebagian yang belum bisa menabung , banyaknya tanggung jawab dalam membagi uang yang ada. Untuk jumlah anggota CU saya tidak pernah tahu karena jika ada anggota CU langsung disetorkan ke Tumbang Talaken karena tidak ada kolektor.

Yang menyebabkan anda tertarik masuk CU?

Saya masuk CU berawal dari keinginan sendiri, saya mendengar informasi dari staf CU yang masuk ke kampung-kampung untuk mencari anggota yang dimulai sejak tahun 2006 saat pertama kali masuk ke kampung. Sekarang saya sudah menikmati dapat meminjam.

Selama menjadi anggota CU, pernah ikut RAT?

Saya sendiri pernah ikut RAT di Tumbang Talaken, Tumbang Malahoi dan Tumbang Jutuh. Saya bersedia menginformasikan CU ini ke masyarakat di kampung ini karena CU dapat membantu kita dan saya memberanikan diri mengajak teman, keluarga agarmasuk CU dan sama-sama maju.

Harapan anda?

Saya berharap CU bisa sukses dan maju.

***



Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, July 30, 2014
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved