Selamat Datang!

9 CU Ikuti Pelatihan Kinerja Pengurus

Bertempat di hotel Victoria Banjarmasin kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Evaluasi Penilaian Kinerja Pengurus’ di lakukan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (2-4/6) ini di fasiltasi oleh bendahara Puskopdit BKCU Kalimantan, Antonius Anyu dan Anggota Pengawas BKCU, Gregorius Doni Senun.

Hotel yang terletak di tepian sungai  Martapura, Kalimantan Selatan ini di penuhi oleh 46 peserta pelatihan. Ada 8 CU di regional Kalimantan yang ikut terlibat. Bahkan 1 CU dari District Office wilayah Barat, CU Sabhang Untung dan 1 CU dari DO wilayah Timur, CU Mototabian Sedangkan ke 8 CU lainnya adalah CU Betang Asi, Daya Lestari, Sumber Rejeki, Remaung Kecubung, Femung Pebaya, Eka Pambelum Itah dan Sempekat Ningkah Olo.

Terungkap bahwa dari 9 CU yang mengikuti kegiatan 5 CU belum melakukan penilaian kinerja. Menurut Anyu penilaian ini penting dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat prestasi terakhir yang dicapai, kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki dan sebagai dasar memberikan penghargaan yang berkaitan dengan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi.

Selama 3 hari pelatihan Anyu panggilan akrabnya mengajak peserta  pelatihan untuk melakukan evaluasi, penjelasan fungsi, tugas dan tanggung jawab pengurus, anggota menjadi arah utama dari semua kebijakan yang dibuat, berbagi  informasi dan pengalaman sesama CU.

Salah seorang peserta pelatihan dari CU Betang Asi, Leani menceritakan dari kelemahan yang ditemukan selanjutnya upaya apa yang harus pengurus lakukan guna mengatasi kelemahan tersebut. “Adapun dari kekuatan yang sudah dimiliki, pengembangan apa yang harus dilakukan untuk semakin baik,” jelas deputy GM CU Betang Asi ini.

Seminggu sebelum peserta tiba di di hotel bintang 3 ini, diketahui bahwa peserta harus mengisi  pra pelatihan. Tugas ini  diberikan untuk dikerjakan secara pribadi, selanjutnya didiskusikan dalam 1 kelompok, dibahas dalam pleno hingga didapatkan 5 isu utama dari kelemahan pengurus.

“Dalam 3 tahun terakhir ini CU Betang Asi masih lemah pada aspek belum dilakukannya penilaian kinerja, belum adanya panduan dalam Rencana Tidak Lanjut (RTL), penyusunan jadwal penilaian kinerja yang tertunda,” ungkap Leani.

Menariknya dalam pelatihan kali ini di hari terakhir bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) CU Daya Lestari ke-13. Perayaan secara sederhana disiapkan panitia pelatihan dari Puskopdit BKCU Kalimantan District Office wilayah Tengah. Lilin berangka tiga belas di atas kue yang berlapis coklat dan gula menjadi simbol perayaan ulang tahun.

Semoga pelatihan kali ini membawa refleksi ke aksi yang nyata bagi anggota bukan habis di hotel-hotel be-AC dan membangun pemahaman baru bagi pengurus, pengawas, staf dan tentu bagi anggota.

Sumber foto: dokumen CU Betang Asi.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, June 6, 2014
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved