Selamat Datang!

CRM CU = Care Responsibility to Members

Kepedulian terhadap kehidupan dan proses hidup anggota adalah proses kegiatan dari pengelolaan Credit Union.

Credit Union (CU) tidak hanya berfokus pada Money tetapi juga Moral  (Money and Moral Anggota). Hal inilah yang membuat CU berbeda dengan lembaga lainnya. Prinsip menolong anggota dengan memberlakukan prinsip anggota menolong dirinya sendiri tak jauh berbeda dengan metoda kegiatan di sebuah paguyuban, arisan, atau kelompok/organisasi lainnya. Yang membedakan CU adalah bagaimana CU mengajarkan pengelolaan keuangan, membantu anggota merencanakan pemenuhan kebutuhan masa depan,

Apa sih CRM?

CRM (Customer Relationship Management) diartikan sebagai satu kesatuan penjualan, pemasaran dan strategi pelayanan yang mencegah terjadinya aktivitas pekerjaan yang tidak terkoordinasi antar bagian dengan baik dan itu tergantung pada aksi – aksi perusahaan yang terkoordinasi (Kalakota, 2001).

CRM (Care, Responsibility to Members) di CU lebih difokuskan pada penerapan kepedulian akan perencanaan masa depan kehidupan anggota. Jadi yang menjadi aktivitas CRM CU yaitu pelayanan, kepedulian, kualitas hidup, kesejahteraan dan kebahagiaan. CRM diharapkan membantu anggota menyelesaikan masalahnya, terutama masalah keuangan serta kepedulian terhadap peningkatan kualitas anggota baik secara pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Bagaimana menerapkan CRM di CU?

Prinsip penerapan CRM di CU tidak hanya terbatas pada front line, diklat, kredit, dan kasir melainkan seluruh unsur pengelola, Pengurus, Pengawas, dan juga anggota.

Secara sederhana untuk menerapkan CRM kepada anggota dan sesame anggota yaitu :

1. Kenali Anggota

2. Analisis kebutuhan anggota

3. Bantu anggota menemukan tahapan kehidupan yang akan mereka hadapi

4. Ilustrasikan kemungkinan yang akan muncul

5. Bantu anggota untuk mengerti dan memahami produk yang disediakan CU

6. Berbagi pemahaman manfaat produk di CU untuk membantu anggota mencegah dan menghadapi persoalan yang mungkin anggota alami.

7. Tawarkan produk yang disediakan yang sesungguhnya menjadi jawaban bagi anggota untuk mempuat perencanaan kehidupannya.

8. Buat dokumentasi Knowledge Member

9. Berikan senyum, salam, sapa secara tulus (“bukan dibuat-buat”) kepada setiap anggota yang dijumpai.

Ada empat kemampuan utama dalam strategis CRM yaitu : 1) Technology ( teknologi ), Teknologi yang mendukung CRM; 2) People ( Manusia ), Kemampuan manusia serta sifatnya dalam mengelola CRM; 3) Process ( Proses ), Proses perusahaan yang digunakan untuk mengakses dan berinteraksi dengan pelanggan untuk mengetahui kebutuhan serta memenuhi kepuasan pelanggan; dan 4)    Knowledge and Insight ( Pengetahuan dan Wawasan ), Memberikan masukan pada perusahaan dalam memberikan nilai pada data pelanggan sehingga mereka membutuhkan pengetahuan dan wawasan untuk meningkatkan hubungannya dengan pelanggan.

“Pelayanan terbaik hanya diperoleh atas ketulusan”

Sumber berita: http://puskopditbkcukalimantan.org/index.php/berita-cu
Sumber foto: http://annegilesclelland.typepad.com


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, May 24, 2014
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved