Selamat Datang!

Kupasan Buku 10 Tahun Kopdit CU Betang Asi

Memasuki tahun 2014 bagian pendidikan Kopdit CU Betang Asi menerbitkan buku 10 tahun kopdit CU Betang Asi, pendidikan, swadaya, solidaritas, inovasi. Buku yang diterbitkan ini dicetak di Grafika Wangi Banjarmasin.

Menariknya buku disusun oleh 2 penulis dengan latar belakang serta profesi yang berbeda. Perjalanan CU Betang Asi sejak berdiri tahun 2003, dikupas dari berbagai sisi dan sudut pandang pelaku sejarah dari lembaga yang dimiliki oleh komunitas “Dayak” ini.

Penyusun pertama adalah Rita Sarlawa, seorang akademisi dan saat ini dipercaya sebagai seorang pengawas di Kopdit CU Betang Asi sejak tahun 2012. Sedangkan penyusun kedua adalah Rokhmond Onasis seorang jurnalis pada majalah KR dan penggiat NGO, saat ini terlibat aktif sebagai fasilitator pendidikan CU.

Buku setebal 187 halaman ini terdiri dari 10 bab. Di awali prolog oleh Matheus Pilin dan epilog oleh ketua Kopdit CU Betang Asi yaitu Ambu Naptamis. Benarkah CU Betang Asi sudah mulai menyimpang dari peta jalan yang telah dibuatnya di tahun 2003?, apa alasan pendiri sehingga kantor pusatnya ada di Palangka Raya?,  siapa saja yang terlibat dalam proses pendirian?, mengapa CU dan KPD tidak dapat dipisahkan? dan strategi apa yang harus dilakukan agar Betang Asi semakin eksis ke depan?

Itulah beberapa pertanyaan yang akan kita temui jawabannya ketika membaca buku ini. Buku yang dicetak edisi pertama pada Januari 2014 ini juga menampilkan foto dan buku-buku awal dari pelayanan CU.

Namun, tidak ada gading yang tak retak. Buku ini cukup banyak terjadinya kesalahan penulisan pada huruf dan angka pada beberapa halaman. Secara sistematis buku ini seakan-akan mengajak kita bernostalgia dari beberapa saksi sejarah, walaupun ada beberapa orang yang tidak masuk untuk memberikan testimony.

Jika anda berminat segera hubungi bagian pendidikan kopdit CU Betang Asi dimasing-masing tempat pelayanan dan segera santap buku ini. Siapa yang ingin tahu lebih banyak perjalanan CU Betang Asi wajib membaca buku ini. Setelah investasi 50 ribu per buku anda mendapatkan sudut pandang baru.

***




Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, February 19, 2014
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved