Selamat Datang!

27 Penggiat Mengikut FL

Tidak perlu menunggu lama, setelah melakukan RAT konsolidasi di awal Februari 2014 lalu kopdit CU Betang Asi segera melakukan pelatihan bagi penggiatnya.  Tentu kita tahu sebagai insan CU ada 3 pilar yang menahan hingga CU dapat berdiri secara kokoh yaitu pendidikan, swadaya dan solidaritas. Bahkan di tengah persaingan sekarang ada 1 pilar yang membuat ke-3 pilar tersebut menjadi lebih kokoh yaitu inovasi.

Sebagai penguatan kapasitas maka pada tanggal 11-13 Februari 2014 bertempat di aula kantor pusat lantai-3 pelatihan Financial Literacy (FL) dilakukan.  Dalam sambutannya GM mengatakan pelatihan ini adalah kelanjutan bagi anggota untuk mendapatkan pendidikan setelah menerima pendidikan CU bagi anggota yang baru masuk.

Menurut manager diklat, Sri Wulan kegiatan ini adalah tahapan pertama untuk 27 orang peserta yang di latih menjadi pelatih (baca Training of Trainer). Tahapan berikutnya akan ada 30 orang kembali, sehingga di masing-masing TP siap untuk memberikan pelatihan FL ini.

Sebagai fasilitator pelatihan Sri Wulan dikawal Bambang Mantikei yang saat ini dipercaya  sebagai wakil ketua-1, membawahi bagian pendidikan.Dalam pembukaan Bambang menegaskan ke depan CU Betang Asi tidak hanya mengejar jumlah anggota yang banyak, melainkan berfokus ke peningkatan kualitas/ kapasitas dari anggota yang masuk dan yang sudah ada.

Selama 3 hari peserta diberikan materi dan pemahaman yang baik mengenai misi Credit Union: helping people help themselves ; meraih kebebasan finansial; produk dan pelayanan Credit Union: menawarkan solusi keuangan terhadap masalah keuangan/ kebutuhan pada tiap tahap kehidupan anggota dan mempelajari cara meningkatkan kesejahteraan, berapa kekayaanku hari ini?.

Berikutnya materi yang disampaikan juga terkait aturan manajemen keuangan pribadi; cara-cara menabung; dana darurat (emergency fund); financial life planning dan penganggaran keuangan keluarga, mengembangkan peta jalan keuangan anggota.

Ke 27 peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah Gunadi, Onasis, Adrianson, Valentinus, Charles B. Kanta, Nukat Nahan, Yatel, Banner I. Daniel, Duyan J. Anggen, Mihing U.R, Batuah, Gapuri, Elsi Rorita, Sipen S. Daniel, Rayanalita, Mambang Handuran, Fransiscus C.G, Hansen, Carda Kelvin, Jumrit K. Abes, Napinus Nayn, Saernanti, Set, S.Pd, Yulius Langkah, Huge, Darwis Nggasi dan Bernandus Hendi.

Harapan yang diungkapkah oleh salah satu peserta, Set, S.Pd mengatakan dari pengetahuan yang di dapat untuk memperjuangkan CU Betang Asi sesuai dengan visi dan misi awal dari FW. Raiffeisen. Anggota juga dapat memahami kondisi keuangannya dan berdampak pada kredit lalai yang dapat ditekan hingga mencapai kondisi ideal.

Sumber Foto: dokumen CU Betang Asi


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, February 15, 2014
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved