Selamat Datang!

CU Besi ikuti TOT SP & BP

Sebanyak 14 CU yang tergabung dalam jaringan BKCU Kalimantan mengikuti Pelatihan Training of Trainers (TOT)  Strategic Planning (SP) dan Business Plan (BP) di Yogyakarta. Salah satunya adalah Kopdit CU Betang Asi, yang diwakili oleh Pitur L. Sanen dan Athis  dari pengurus serta Rita Sarlawa dari pengawas.

CU yang lainnya adalah Jembatan kasih, Pangudi Luhur, Prima Danarta, Sumber Rejeki, Daya Lestari,  Femung Febaya, Sempekat Ningkah Olo, Stella Maris, Barerod Gratia, Semangat Warga, Cindelaras Tumangkar, Angudi Laras dan Muara Kasih.

Kegiatan pelatihan dipusatkan di Hotel Colombo Yogyakarta dari tanggal 23-28  September 2013. Dari 14 CU yang mengikuti terpantau 47 peserta terlibat aktif yang terdiri dari pengurus, pengawas dan manajemen CU primer anggota Puskopdit BKCU Kalimantan. Antonius Anyu ditunjuk sebagai fasilitator, saat ini ia menjabat sebagai bendahara pengurus BKCUK.

Tujuan dari pelatihan peserta diharapkan mampu menyiapkan lokakarya SP& BP dengan baik, mampu membuat analisis SWOT, merumuskan visi, misi & nilai-nilai inti, mampu membuat narasi nilai-nilai inti, mampu merumuskan tujuan strategis/ tujuan jangka panjang, mampu merumuskan goal 3 tahunan secara SMART, mampu merumuskan strategi untuk mencapai setiap goal.

Kemampuan lainnya diharapkan peserta dapat membuat program kerja dan budgetnya, mampu menyusun proyeksi arus kas, proyeksi neraca, proyeksi laba/ rugi, mampu membuat time frame kegiatan dan kalender kegiatan, mampu membuat kerangka monev dan mampu melakukan umpan balik dalam evaluasi pertengahan tahun.

Kegiatan pelatihan ini cukup menyita pikiran karena peserta harus membuat analisis SWOT, merumuskan visi misi dan nilai-nilai inti, membuat perencanaan strategis,  tujuan strategis dan sasaran, dan lainnya sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
   
Sumber foto dan tulisan: Rita Sarlawa



Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, September 26, 2013
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved