Selamat Datang!

Manfaat TAS

Bagi anak, belajar menabung sejak dini sangat bermanfaat karena akan membantu mereka lebih bijak dan memiliki perencanaan dalam mengelola keuangan pribadi. Sejak tahun 2008 silam, CU Betang Asi melahirkan produk Tabungan Anak Sekolah (TAS) sebagai upaya mengajarkan anak menabung.

Banyak manfaat yang diterima oleh anak ketika memiliki TAS, antara lain mengajarkan anak untuk menghargai uang. Apabila mereka menabung di TAS akan merasakan susahnya mengumpulkan uang dari uang yang sedikit dapat sangat berarti ketika menjadi banyak. Ini terjadi apabila mereka rutin dan disiplin menabung. Hal lainnya anak dapat belajar mengatur uang sendiri, menentukan kapan menabung dan berapa yang akan ditabung.

Simpanan TAS diperuntukkan  bagi peserta didik  dari tingkat TK sampai SLTA, dengan usia penyimpan TAS antara 3,5 tahun sampai 18 tahun. Saldo maksimal Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah), dengan Balas Jasa Simpanan (BJS) Simpanan TAS adalah 6%  (enam persen) per tahun. Penarikan tabungan dapat dilakukan pada bulan Mei, Juni, Juli, Agustus setiap tahun.

Sebagai gambaran, jika seorang anak diberi jajan oleh orangtua Rp.5.000,- sehari maka jika dikalikan sebulan (30 hari) maka uang jajan tersebut berjumlah Rp.150.000,- . Ketika anak dilatih menabung dengan cara menyisihkan dari jajannya sebesar Rp. 1.000,- perhari, maka dalam 30 hari terkumpul uang dalam tabungannya sebesar Rp.30.000,- . Dalam setahun ada 12 bulan x Rp.30.000,- maka dalam setahun jumlah tabungan menjadi Rp. 360.000,-.

Saat anak berusia 6 tahun dengan asumsi baru masuk SD, maka 6 tahun kemudian, saat si anak mau masuk SMP, tabungan si anak berjumlah Rp. 2.160.000,- belum termasuk bunga. Hitungan ini jika si anak hanya menabung Rp.1.000,- saja perhari. Sehingga dengan uang sejumlah Rp.2.160.000,- akan meringankan beban orangtua untuk membeli keperluan sekolah seperti buku, sepatu,tas dll saat anak masuk SMP ataupun SMA.

Segera daftarkan anak anda di TAS CU Betang Asi. Bersama TAS, biaya pendidikan anak menjadi ringan!.

Penulis : Sepmiwawalma


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, July 25, 2013
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved