Selamat Datang!

RAT KPD TB 2012 Bentuk Kepengurusan Baru



Mengambil tema “KPD Mewujudkan Kesejahteraan dan Kemandirian” Koperasi Persekutuan Dayak (KPD) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), bertempat di Aula CU Betang Asi, Sabtu (20/4/2013). Acara dimulai dengan  doa pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne CU, laporan ketua panitia, sambutan pengurus KPD dan Dewan Koperasi Wilayah (DEKOPINWIL) Kalteng.

Pengurus KPD melalui wakil ketua II Ambu Naptamis menyampaikan bahwa ‘sekolah’ KPD dan CU mahal biayanya. “Setelah  melalui masa sulit (recovery) KPD berada di titik di mana tidak bisa mundur dan harus melalui RAT luar biasa selama 3 kali sepanjang tahun 2011-2012, inilah kali pertama KPD melaksanakan RAT dalam keadaan normal walaupun jadwalnya agak tertunda. Namun dalam RAT ini kita bisa melihat perkembangan yang positif, buah dari komitmen kita bersama. KPD terus menggeliat dan bergerak dan sudah punya pelanggan tetap,” ungkapnya.

Ketua DEKOPINWIL Kalteng, Dehen Erang dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada 2.833 koperasi yang ada di Kalteng, namun tidak sampai 10% yang melaksanakan RAT. “Dengan adanya RAT, kita mengetahui bahwa koperasi itu berjalan baik. Indikatornya sehat organisasi, sehat usaha dan sehat mental. Koperasi berhasil jika dikelola secara profesional, di dukung oleh pengelola yang profesional dan jujur.”

Dari pantauan penulis ada 349 orang anggota KPD, namun anggota yang hadir dalam RAT kali ini berjumlah 56 orang termasuk dari 2 orang dari CU Sumber Rejeki, Ampah dan atas kesepakatan bersama maka RAT tetap dilaksanakan.

Dalam laporan perkembangan usaha swalayan, karyawan di swalayan Rajawali dan Tilung berjumlah 29 orang. Setiap hari KPD sudah bisa membukukan omset 40 juta perhari dan memperoleh margin perbulan sekitar 163 juta. Untuk anggota yang ingin keluar jadi anggota KPD sampai tahun 2015 masih harus bersama-sama menanggung beban kerugian 36,71%, angka ini sudah bergeser dari tahun lalu sebesar 46,23%.

Salah satu keputusan yang dihasilkan dari RAT tahun ini adalah KPD Palangka Raya dan KPD Ampah secara organisasi dipisah, maka di tahun 2013 ini AD/ART/Poljak akan di amandemen. Sedangkan  Badan Hukum akan di daftarkan kembali, karena menyesuaikan dengan UU No 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian yang nanti akan disahkan dalam RAT tahun buku 2013.

Keputusan lain, untuk Penasehat, Pengawas dan Pengurus di pilih yang baru untuk Periode tahun 2013 – 2015 dengan komposisi : Penasehat : Drs. T.T. Suling, Drs. Tito Buhoy, Dr. Dehen Erang. Pengawas : Dr. F.X.Manesa, M.Pd. (Ketua), Drs. A.U.G. Adi Subrata Putra (Sekretaris), Endie D. Kari S.Pd. (Anggota).

Pengurus : Ambu Naptamis, SH., MH. (Ketua), Drs. Bambang Mantikei, M.Si (Wakil Ketua), Gregorius Doni Senun S.Pd (Sekretaris), Karna Sophia Simbolon (Bendahara) dan Piskarius R. Yandeng, SP (Anggota).

Selamat menjalankan tugas, dan mari bersama-sama kita bergandengan tangan mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian bersama KPD Kalteng.

Keterangan foto: T.T Suling, memimpin doa saat pembukaan RAT

Sumber berita dan foto : Sepmiwawalma.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, April 24, 2013
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved