Selamat Datang!

TP PHS Laksanakan RAT TB 2012

Bertempat di GPU Handep Hapakat Pulang Pisau, Sabtu (12/1) Tempat Pelayanan Penyang Hinje Simpei (TP PHS) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku (RAT TB) 2012. Acara dimulai tarian penyambutan yang dibawakan oleh sanggar tari dari Kuala Kapuas.

Tampak hadir dalam acara pembukaan sekaligus membuka  resmi RAT TP PHS, Bupati Pulang Pisau yang diwakili Sekda kabupaten Pulang Pisau, Junaidi Akik. Dalam sambutannya Sekda menyampaikan  apresiasi atas perkembangan Credit Union Betang Asi TP PHS yang tahun demi tahun mengalami perkembangan baik dan signifikan dari segi anggota maupun asetnya.  “Tahun lalu seingat kami asetnya masih di kisaran 14 milyar, sekarang untuk Tahun Buku 2012 sudah mencapai angka 21 milyar, artinya CU Betang Asi adalah koperasi yang sehat,” ungkapnya.

Sekda menambahkan, mendirikan koperasi tidak sulit biasanya di tahapan awal para pengurus bersemangat karena bisa merencanakan. Ketika ada anggota, anggotalah yang bersemangat karena ada simpan pinjamnya. “Namun, ketika sudah pinjam dan waktunya bayar semangatnya menjadi kendor, inilah yang sering jadi masalah bagi banyak koperasi,” jelas Junaidi Akik.

Masih dalam sambutannya, Junaidi Akik menyampaikan, jika ada simpanan jangan terlalu dipikirkan. Kalau merasa ada simpanan, ketika meminjam, pinjamannya lalu tidak di bayar. “Anggota bisa terlibat penuh dalam RAT ini agar bisa menilai pekerjaan pengurus, pengawas dan manajemen dan tahu persis hak dan kewajiban serta perkembangan lembaganya,” harapnya.

Dari pantauan penulis, rangkaian acara pembukaan meliputi sambutan ketua panitia RAT, sambutan pengurus Kopdit CU Betang Asi dan penyerahan cinderamata kepada Sekda Kabupaten Pulang Pisau, Kapolres Pulang Pisau dan Pimpinan BPD Cabang Pulang Pisau. Setelah istirahat 15 menit dilanjutkan dalam acara inti yaitu persidangan.

Acara persidangan dipimpin oleh Pitur L. Sanen dan Leani sebagai sekretaris. Pada sesi pembahasan dan tanggapan atas LPJ Pengurus dan Pengawas, anggota menanyakan soal penanganan kredit macet, alasan anggota keluar, rencana pembangunan kantor dan beberapa hal yang belum ideal berdasarkan analisis PEARLS.

Dalam tanggapannya pengurus yang diwakili oleh Pitur L. Sanen dan Athis, pengawas Rita Sarlawa, manajemen Leani dan Junaedi menyampaikan penanganan kredit macet terus diupayakan termasuk penyitaan agunan jika anggota tidak kooperatif sesuai kesepakatan dalam perjanjian pinjaman.

Sedangkan untuk anggota yang keluar alasannya beragam ada yang karena meninggal dunia, pindah domisili, tidak mampu membayar kredit dan pinjamannya tidak dicairkan sesuai permohonan. Terkait pembangunan kantor baru, TP PHS direncanakan pada tahun 2014 disesuaikan dengan dana yang tersedia. Sementara yang belum ideal berdasarkan analisis PEARLS semua komponen yang ada di CU Betang Asi terus berupaya agar ada di posisi ideal.

Pada pembahasan Poljak, beberapa hal yang diusulkan akan di bawa ke RAT konsolidasi. Dalam RAT konsolidasi usulan dimatangkan, dan di sepakati sehingga menjadi Poljak Tahun Buku 2013. Acara dilanjutkan, manejer TP PHS Junaedi menyampaikan program kerja dan RAPB TP PHS Tahun Buku 2013.

Setelah menetapkan utusan dari TP PHS untuk mengikuti RAT konsolidasi, menandatangani berita acara RAT dan penyerahan berita acara RAT kepada manejer TP PHS acara ditutup dengan  menyanyikan Mars CU Betang Asi, diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Pdt. Muliadi.

Keterangan foto: di belakang meja sidang RAT: Pitur, Athis, Rita dan Leani

Sumber tulisan dan foto: Sepmiwawalma, penggiat di CU Betang Asi.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, January 15, 2013
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved