Selamat Datang!

LDP Ikuti Pelatihan Value Chain

Sebelas orang terlibat aktif, dalam kegiatan bertajuk ‘Pelatihan Value Chain Development for Green Jobs, peluang REDD+ bagi petani di Kalimantan Tengah, Indonesia’. Kegiatan dimulai sejak 14 Januari hingga 21 Januari 2013.  Dari jadwal yang telah disepakati ada jeda 3 hari untuk membuat laporan dan melakukan kunjungan ke desa. Kegiatan ini didukung penuh oleh International Labour Organization (ILO) dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Universitas Palangka Raya (UNPAR).

Dari kesebelas peserta ada 2 utusan Lembaga Dayak Panarung (LDP) yaitu Onasis dan Arie. Peserta lainnya berasal dari lembaga pemerintah, AMAN Kalteng dan serikat pekerja, di tambah dari Universitas Palangka Raya yang mensupport kegiatan.

Ada 2 tempat sebagai pusat kegiatan. Pada Senin (14/1) kegiatan berpusat di aula LPKM, UNPAR, Jalan Hendrik Timang/ Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya. Dilanjutkan pada tanggal 15,16, 17 dan 21 aktivitas pelatihan di pindah ke Training Center REDD+ jalan Yos Sudarso Palangka Raya.

Menurut Yunirwan Gah, sebagai national project officer-livelihood dari ILO, ada 23 peserta yang akan dilibatkan pada kegiatan, sayangnya hanya beberapa orang saja yang dapat hadir. Sebagai fasilitator sekaligus nara sumber pelatihan adalah DR. Iain Neish, sebagai konsultan ILO untuk value chain dan DR. Aswin Usup dari Universitas Palangka Raya. Tampak pula hadir Sandra O. Yu sebagai local strategies for decent work specialist dari kantor ILO di Bangkok, Thailand.

Tujuan dari lokalatih ini adalah memperkenalkan konsep green jobs value chain development, menyediakan panduan pengimplementasian konsep rantai hijau untuk penciptaan pekerjaan hijau dan pengembangan ekonomi rendah karbon yang berkelanjutan.

Pada hari terakhir (21/1) peserta pelatihan akan berbaur dengan perwakilan masyarakat desa yang diundang untuk membuat diskusi lebih mendalam, sehingga implementasi program tepat guna dan tepat sasaran. Ke lima desa yang terpilih adalah desa Lawang Kajang, Aruk, Bereng Bengkel, Tumbang Nusa dan Pilang.

Keterangan Foto: DR. Iain bersama Nirwan (atas) dan Yunirwan bersama Sandra saat melakukan kunjungan ke desa Aruk (bawah)

Sumber: http://www.facebook.com/groups/114634411911190/


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, January 17, 2013
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved