Selamat Datang!

Yulius: “CU, Mengubah Pola Pikir Masyarakat”

Di temui saat mengikuti kegiatan Business Plan, Budgeting dan Cash Flow tahun buku 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 19-24 Nopember 2012 di kantor pusat CU Betang Asi Palangka Raya, bapak 5 orang anak ini menyampaikan bahwa sejak menjadi anggota CU, ia merasakan sangat banyak mengubah pola pikir, “Dulu sebelum menjadi anggota CU, tidak ada rencana untuk menabung dan mengelola penghasilan dengan baik, sejak menjadi anggota CU sangat mengubah pola pikir.”

“Saya mengetahui CU dari tahun 2005 karena kantornya di Kuala Kurun dekat dengan rumah kami. Saya tidak tertarik, karena tidak meyakinkan.  Apalagi itu koperasi, karena sepengetahuan saya tidak ada koperasi yang berhasil,” kata pria yang bernama lengkap Yulius Langkah Awun Djinar.

Aktivis di TP Betang Batarung ini melanjutkan. “Pada tahun 2009, kantor CU di bangun yang permanen. Melihat bangunan itu  baru saya merasa yakin bahwa CU berkembang baik. Saya datang ke sana, untuk masuk menjadi anggota CU. Saat mendaftar dan nomor HP saya diminta agar dapat dihubungi ketika ada jadwal pendidikan dasar. Setelah ikut pendidikan dasar barulah saya mengerti bahwa cara kerja CU tidak sama seperti koperasi pada umumnya,” ungkap ayah lima anak ini dengan semangat.

Pria Dayak kelahiran Palangka Raya, 25 Juli 1962  ini menambahkan “Banyak keuntungan menjadi anggota CU. Kita diajarkan untuk menghargai uang, menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk mempersiapkan masa depan kita. Bahkan saya sendiri sangat termotivasi untuk memiliki simpanan di CU tahun 2011  sebesar 25 juta dan itu bisa terwujud. Selain itu sejak menjadi anggota CU, saya bisa menjadi berkat dengan mengajak orang lain bergabung menjadi anggota, saya mendapat kenalan baru dan juga ikut terlibat mencari jalan keluar atas persoalan yang ada.”

Berbicara kelebihan CU, suami dari Mela Suarny Yulius Awun ini mengungkapkan ”Sejak menjadi anggota kitalah yang memiliki CU, karena kita memiliki, kita juga mengawasi dan yang memanfaatkannya untuk mencapai kesejahteraan. Kalau di tempat lain status kita hanya nasabah atau pelanggan dan kita tidak akan dilibatkan dalam pengambilan keputusan.”

Menurut pemilik BA 401.487 yang kesehariannya bekerja di Kantor Pertanahan Kabupaten Gunung Mas ini,  tantangan bagi CU ke depan adalah makin banyaknya pesaing. Namun ini bisa di atasi jika kita perkuat dari dalam, tidak perlu kuatir mereka akan beralih. Selain itu UU Perpajakan juga menjadi tantangan untuk anggota CU.

Yulius mempunyai motto hidup ‘Bercermin pada pengalaman yang lama untuk melihat kehidupan ke depan,’. Ia berharap kepada anggota CU dapat makin banyak dan makin besar. “Akarnya yang kita perkuat agar tidak roboh dan saya berharap CU makin kokoh, kuat dan semakin berjaya,” pungkasnya kepada penulis.

Sumber berita dan foto: Sepmiwawalma

Keterangan Foto: Yulius Langkah menggunakan baju kaos CU


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, November 23, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved