Selamat Datang!

‘Catatan’ BP CU Betang Asi TB 2013

Business Plan (BP) merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh CU Betang Asi. Tahun ini bertujuan merumuskan program kerja untuk 1 tahun buku (TB) 2013 yang dilaksanakan tanggal 19 – 21 November 2012, bertempat di Aula lantai 3 kantor pusat CU Betang Asi dengan melibatkan penasehat, pengawas, pengurus, manajemen dan aktifis sebagai perwakilan anggota.

Ethos HL, General Manajer dalam sambutannya saat pembukaan menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah merelakan waktu, tenaga, pikiran demi kemajuan CU Betang Asi. Secara khusus menyampaikan terimakasih kepada seluruh keluarga (suami, istri, anak) manajemen  CU yang merelakan suami atau istri mereka, ayah atau ibu mereka untuk bekerja di CU Betang Asi dan seringkali meninggalkan mereka untuk jangka waktu tertentu dan tidak bisa merayakan moment-moment istimewa seperti ultah dan lainnya. “Inilah resiko sebuah pengabdian,” tambah ayah 2 orang anak ini.

Sebagai pengurus (Wakil Ketua I), Bambang Mantikei, menyampaikan bahwa dari sisi manajemen apa yang dilakukan oleh CU Betang Asi sudah on the track. Melalui Business Plan kita meneropong apa yang sudah dilakukan, lalu merencanakan apa yang akan dilakukan ke depan.

Leani, Deputy Manager menyampaikan laporan kerja yang telah dilaksankan dan yang belum terlaksana sepanjang tahun 2012 dari bulan Januari – Oktober serta apa kendala-kendala yang dihadapi.

Antonius Anyu, sebagai fasilitator dalam kegiatan ini, membagi peserta ke dalam 5 kelompok untuk melihat kelemahan dan kekuatan serta rekomendasi apa yang diberikan  untuk  hal-hal yang berkaitan dengan Analisis Internal. Hal ini terkait dengan perspektif keuangan; perspektif anggota; perspektif bisnis internal; perspektif belajar dan pertumbuhan.

Pada Analisis Eksternal,  melihat peluang, ancaman dan rekomendasi terkait dengan situasi ekonomi; kondisi sosial budaya; situasi politik; posisi bersaing dan perkembangan teknologi. Hasil diskusi kelompok dipresentasikan lalu dibuat dalam  tujuan strategis, matrik perencanaan program, budget dan cashflow. Untuk budget dan cashflow dilanjutkan oleh pengawas, pengurus dan manajemen dari tanggal 22 – 24 November 2012.

Sebelum acara penutupan Business Plan pada tanggal 21 November pukul 17.00 WIB, mahasiswa Universitas Gunadarma yang melakukan penelitian untuk skripsi  di CU Betang Asi, melakukan presentasi atas program yang mereka buat. Program yang mereka buat dalam rangka menyelesaikan tugas akhir di kampusnya.

Salmon Algani mempresentasikan program sistem informasi kepegawaian berbasis website; Krisman Silalahi mempresentasikan sistem absensi dengan aplikasi wajah karyawan; Muhammad Mikdar mempresentasikan sistem informasi berbasis SMS gateway dan Bayu mempresentasikan sistem informasi geografis menggunakan google map.

Dalam sambutan penutupan, Ketua Dewan Pengurus Ambu Naptamis  menyampaikan terimakasih kepada semua peserta yang berkomitmen untuk menyelesaikan proses business plan yang memang memerlukan pemikiran yang ekstra. Kemudian penyerahan cindera mata kepada fasilitator  dan sertifikat  kepada Set salah satu perwakilan peserta oleh T.T. Suling selaku pengawas.

Sumber berita dan foto: Sepmiwawalma.

Keterangan Foto: Suasana pada BP


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, November 26, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved