Selamat Datang!

TP PHS Laksanakan Pendas di Losmen Anni

Pada tanggal 1-2 September 2012 lalu, bertempat di Aula Pulang Pisau,  dilaksanakan Pendidikan  Dasar (Pendas) untuk Anggota CU Betang Asi TP Penyang Hinje Simpei Pulang Pisau.

Pendas yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu ini dihadiri oleh 31 orang peserta dari berbagai jenis pekerjaan, agama dan wilayah.  Ada peserta yang berdomisili di Pulang Pisau, Bahaur, Gohong, Maliku, Mandomai, Mantangai dan Manusup.

Faktor usia dan tempat tinggal yang jauh tidak mengurangi semangat peserta untuk mengikuti kegiatan ini, terbukti peserta dari Manusup, 2 orang bapak yang telah berumur 70 tahun bahkan  rela naik perahu motor dengan menempuh perjalanan kurang lebih 8 jam menuju Pulang Pisau. Keduanya hadir karena penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam tentang Credit Union.

Menariknya dari Pendas ini, peserta semua bisa berbahasa Dayak Ngaju, sehingga dalam memfasilitasi Pendas 2 hari, fasilitator menggunakan 2  bahasa  yaitu bahasa Indonesia dan Dayak Ngaju.

Dari keseluruhan proses Pendas selama 2 hari ini, ternyata selama ini pemahaman mereka tentang CU hanya sebatas kalau saya menabung, berapa saya bisa pinjam. Namun setelah di jelaskan kalau CU adalah alat atau kendaraan anggota mewujudkan kesejahteraan, ada pemahaman baru dari peserta Pendas, bahwa CU tidak hanya tempat meminjam tetapi bagaimana anggota bisa merancang masa depan termasuk pensiun bersama CU.

Sementara itu, ada juga peserta yang menyampaikan bahwa masyarakat selama ini giat mencari uang, tetapi kadangkala tidak tepat dalam penggunaannya. Selain itu tidak ada tempat menabung. Sehingga dengan adanya CU, masyarakat sudah punya tempat menabung. Alasan lainnya, dengan ikut pendas, mereka jadi mengetahui bagaimana menghitung bunga  simpanan bahkan jika ingin mempercepat pembayaran pinjaman juga tahu caranya.

Menurut salah satu peserta, hal yang cukup mengancam bagi keberlangsungan masyarakat di Pulang Pisau dan sekitarnya adalah masuknya perusahaan sawit. Ada beberapa masyarakat yang menjual tanahnya untuk perkebunan. Jika tanah masyarakat habis di jual untuk perkebunan sawit, lama-lama masyarakat jadi penonton di tanahnya sendiri.

Terkait pilihan hidup, peserta pendas menyampaikan jika ingin memiliki masa depan yang baik, semuanya tergantung pada sikap dan pilihan hidup mereka sekarang. Pendas diakhiri dengan mendengar kesan dan pesan dari peserta lalu berfoto bersama.

Sumber: Sepmiwawalma, penggiat di CU Betang Asi

Foto : Peserta Pendas berfoto bersama di depan Aula Losmen Anni, Pulang Pisau.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, September 10, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved