Selamat Datang!

Pendas Anggota di Aula Baru

Setelah dilakukan perbaikan untuk lantai 1 dan 2, akhirnya gedung CU Betang Asi yang baru sudah dapat digunakan. Di lantai-3 pada tanggal 23 -24 Juni 2012 lalu sudah ketiga kalinya pendidikan dasar (PENDAS) di kantor pusat Palangka Raya.

Memasuki lantai-3 kita disambut dengan hamparan karpet berwarna Merah Maron melapisi lantai ruangan. Suasana terasa sejuk karena ada enam mesin berpendingin udara yang sudah terpasang di dinding. Walaupun, sebelumnya kita harus menaiki tangga dengan berjuang untuk menarik nafas sedikit panjang.

Terlihat warna lembut (baca krem) pada dinding yang dilapisi bahan kedap suara melengkapi fasilitas aula ini. Tidak ketinggalan pula di salah satu sudut ruangan sudah terpasang layar untuk LCD proyektor dan alat pengeras suara yang sudah siap di bagian depan dan sejumlah kursi dengan meja lipat sudah nampak berbaris rapi.

Yang paling berkesan adalah pada bagian depan ada 2 ornamen bermotif talawang di sebelah kiri dan kanan membawa suasana etnik Dayak semakin mempercantik ruang pertemuan yang berkapasitas 50-100 orang ini.

Pukul 08.00 pagi semua peserta sudah hadir dan fasilitator memulai kegiatan dengan mengajak peserta berdoa. Karena ruangan ini cukup luas, ditambah ruangan untuk rehat persis berada di samping ruang pertemuan. Kondisi ini memudahkan fasilitator untuk memaksimalkan penggunaan ruangan.

Suasana kekeluargaan, terjalin dengan baik dan sekitar 30 peserta antusias mengikuti proses Pendas dari sesi ke sesi. Saat ditanya kepada salah satu peserta yang mengikuti PENDAS, apa yang mau disampaikan berkaitan dengan aula baru, salah satu peserta menyampaikan karena berada di lantai-3, naiknya ngos-ngosan, ditambah bagi yang sudah berumur, lutut terasa sakit dan pegal.

Dalam proses pendidikan yang dilakukan, menggunakan metode menggambar peserta diajak untuk mengungkapkan pemahaman mengenai Credit Union. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok.

Terungkap di kelompok 1 bahwa CU adalah kumpulan orang bukan kumpulan uang, dalam gambar yang dibuat terlihat sekumpulan orang dalam 1 mobil bergerak bersama-sama bertujuan sejahtera. Pada kelompok 2 terungkap dalam gambar yang menjelaskan proses PENDAS di kelas yang dilakukan oleh fasilitator dan ada gambar logo CU Betang Asi dengan slogan “Handep Hapakat Sewut Batarung”.

Sedangkan pada kelompok 3, menggambarkan impian-impian yang akan diwujudkan bersama CU, tergambar bahwa ada rumah, mobil, hotel dan lainnya yang dibangun dengan kebersamaan di CU Betang Asi. Pada kelompok 4, membawakan gambar yang cukup menarik bahwa dengan kejadian terbakarnya salah satu kantor pelayanan CU Betang Asi di Sangai, Kotim tidak membuat keesokan harinya pasca kebakaran menjadi tutup, malah tetap buka dan melayani anggota. Hal ini membuat kepercayaan anggota kepada lembaga keuangan berbasis masyarakat “Dayak” ini semakin tinggi.

Dihari kedua, sebelum pulang pada sore harinya, fasilitator memberikan evaluasi akhir kepada peserta. Dalam evaluasi ini terungkap perasaan sangat senang, puas, luar biasa, antusias, menambah wawasan, lebih jelas, cukup cape, lega dan ada perasaan menyesal karena tidak mengikuti pendas sejak awal bergabung di CU.

Terkait harapan, terungkap oleh anggota yang mengikuti PENDAS mungkin ke depan jika CU Betang Asi sudah mampu, memasang lift untuk memudahkan yang sudah tua, hamil, habis sakit dan yang cacat sehingga bisa dengan mudah naik ke lantai 3.

Maju dan Terus berjuang memulai, mengembangkan dan mengontrol  CU Betang Asi dengan pendidikan!

Keterangan foto (searah jarum jam): gambar kelompok 3, kelompok 1, suasana PENDAS di aula baru, gambar kelompok 4 dan gambar kelompok 2.

Sumber tulisan dan foto: Rokhmond Onasis dan Sepmiwawalma


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, June 30, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved