Selamat Datang!

Yepta Diharja : Gerakan CU di wilayah Gunung Mas, akan betul-betul menjadi "Gunung Mas" bagi masyarakatnya.

Gunung Mas memiliki sumber daya alam yang menjanjikan bagi masyarakatnya, tetapi sangat disayangkan hasil yang diperoleh tidak mampu memperlihatkan perubahan tingkat kesejahteraan masyarakatnya.  Hal ini disebabkan prilaku konsumtif masyarakat yang begitu dominan dalam mempengaruhi diri dan pola pikir masyarakat Gunung Mas.   

Credit Union (CU) Betang Asi masuk di wilayah kabupaten Gunung Mas kurang lebih delapan tahun yang telah lalu, mulai dari wilayah kecamatan Sepang, kemudian masuk ke wilayah Kuala Kurun dan wilayah Rungan - Manuhing.  Berawal dari keyakinan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai solidaritas, sedikit demi sedikit dari hilir sampai ke hulu keberadaan CU sudah mulai dirasakan ditengah-tengah kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Gunung Mas.

Sebagaimana visinya Credit Union berbasis masyarakat Dayak yang terpercaya, abadi dan terbesar di Kalimantan Tengah.  Keberadaan CU bisa dijadikan alat untuk memperkuat dan memberdayakan sosiali - ekonomi masyarakat lokal agar dapat mandiri, mampu hidup dan bersaing ditengah-tengah kehidupan masyarakat yang majemuk, dan persaingan di era teknologi sekarang ini.

Gerakan CU di wilayah Gunung Mas, akan betul-betul menjadi "Gunung Mas" bagi masyarakatnya, kata Yepta Diharja, SP. (Manager CU Betang Asi TP. Betang Batarung - Kuala Kurun), paling tidak dengan masuknya CU ditengah-tengah kehidupan masyarakat dapat merubah sedikit demi sedikit  pola pikir dan pola hidup masyarakat untuk lebih produktif dalam memanfaatkan hasil suber daya alam yang diperoleh mereka.

Suksesnya gerakan CU ini dapat dilihat dari pertumbuhan anggota dan nilai asset yang terus meningkat dari waktu ke waktu.  Sampai sekarang ini jumlah anggota CU di wilayah kabupaten Gunung Mas mencapai kurang lebih 10.000 orang dengan nilai asset yang signfikan ini berarti bahwa dengan semakin banyaknya masyarakat Gunung Mas yang bergabung menjadi anggota CU dengan memiliki simpanan di CU, maka gerakan CU betul-betul memperlihatkan kepada masyarakat bahwa melalui CU masyarakat bisa melihat hasil kerjanya dan melalui CU masyarakat khususnya anggota dapat sedikit demi sedikit merubah pola pikir konsumtif menjadi produktif dan melalui CU anggota dapat memenuhi kebutuhan kesejahteraan dan jaminan masa depan mereka.

Gerakan CU tidak bisa hanya dipandang dari sisi bisnisnya saja (pinjaman), tetapi gerakan CU merupakan gerakan menyeluruh yang memperhatikan kehidupan masa sekarang dan masa yang akan datang bahkan sampai mati.  Oleh sebab itu gerakan CU perlu komitmen yang sungguh-sungguh dari anggotanya.

Dukungan semua pihak terhadap gerakan CU di wilayah kabupaten Gunung Mas sangat membantu masyarakat yang berada di lumbung emas ini agar bisa berada di atas taraf hidup sejahtera.  Sehingga Gunung Mas betul-betul menjadi "Gunung Mas" bagi masyarakat kabupaten Gunung Mas.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, May 1, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved