Selamat Datang!

Pendidikan Kader Rakyat Dasar (PKRD)

Sejak tanggal 2 hingga 5 Mei 2012 di Aula Bapelkes Palangka Raya WALHI Kalteng melaksanakan Kegiatan Pendidikan Kader Rakyat Dasar (PKRD). Dalam kegiatan selama 4 (empat) hari ini melibatkan peserta dari beberapa lembaga anggota WALHI Kalteng, organisasi mahasiswa, serta masyarakat dari Desa Biru Maju dari kabupaten Kotawaringin Timur.

Sambutan pada pembukaan kegiatan di sampaikan oleh Ario Rompas selaku direktur WALHI Kalteng.  Disampaikannya bahwa “Kegiatan PKRD ini suatu kewajiban bagi WALHI untuk memberikan  perluasan tentang ke-WALHI-an kepada para kader-kadernya yang fokus tentang pendidikan rakyat dan advokasi lingkungan,” kata Rio panggilan akrabnya.

Rio mengharapkan materi yang didapatkan dapat dipraktekkan di lapangan, agar menambah pengalaman peserta tentang gerakan rakyat. Dalam materi yang disampaikan, selain dari Rio di bantu oleh Fandy dan Aryo dari WALHI Kalteng, serta Ahmad, SH dari WALHI nasional.

Materi hari  pertama di sampaikan oleh Ario Rompas dan Fandy, yang menyampaikan pengantar filsafat  berisi membongkar alam pikir peserta, ke-WALHI-an dan politik agraria. Dilanjutkan pada hari yang kedua hingga hari terakhir dilanjutkan oleh Ahmad, SH dan Aryo yang banyak mengupas beberapa materi.

Salah satu bagian dari materi yang disampaikan adalah  tentang gerakan massa demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Demokrasi serta sejarah masyarakat Indonesia. Setelah penyampaian materi, peserta diajak untuk membuat suatu rencana tindak lanjut (RTL).

RTL ini akan menjadi langkah awal para peserta untuk mempraktekkan ilmu di masyarakat, yang sudah di dapatkan selama pendidikan tersebut.

Sumber: http://www.facebook.com/groups/114634411911190/doc/383069495067679/


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, May 9, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved