Selamat Datang!

CU BESI dan YTS Lakukan Pendas di Sei Gohong

Bertempat di rumah Agus, desa Sei Gohong, hari Sabtu dan Minggu tanggal 21 – 22  April dilaksanakan Pendidikan Dasar untuk masyarakat yang tinggal di desa Sei Gohong, Tangkiling. Pendas kali ini merupakan Pendas yang ketiga di Sei Gohong dan terlaksana sebagai bagian dari rangkaian kegiatan atas kerjasama yang dilakukan oleh CU Betang Asi dan Yayasan Tambuhak Sinta (YTS) yang areal kerjanya di daerah Tangkiling dan desa sekitar.

Pendas ini dihadiri oleh 25 orang peserta dari berbagai jenis pekerjaan dan agama. Menariknya dari Pendas ini, peserta semua bersuku Dayak, sehingga dalam memfasilitasi Pendas 2 hari, fasilitator menggunakan bahasa Dayak Ngaju.

Dari analisis sosial yang dilakukan, ternyata ada beberapa peserta yang pernah menabung di lembaga keuangan tertentu, yang ada tabungannya bukannya betambah, namun makin berkurang. Mereka baru tahu kalau ada yang namanya pajak atas bunga tabungan dan administrasi bulanan melalui Pendas ini. Bahkan ada peserta yang menyampaikan bahwa mereka pernah pinjam di lembaga keuangan tertentu, pinjaman mereka tertunggak selama beberapa bulan, padahal rutin membayar tiap bulan. Ketika ditelusuri di mana masalahnya, jawaban dari lembaga keuangan tersebut, pegawai yang mengurusnya berganti, jadi tidak punya data bahwa pinjaman sudah dibayar.

Ada juga peserta yang punya pinjaman di koperasi harian walau bayarnya ringan tiap hari, namun ini membuat gali lobang tutup lobang, karena keuntungan yang di dapat tidak sempat berputar untuk jadi tambahan modal karena dipakai untuk bayar pinjaman harian. Kadang kadang bila keuntungan sedikit, tidak cukup untuk bayar cicilan harian, akhirnya mengambil  dari modal untuk membayarnya.

Penyakit sosial yang cukup memprihatinkan di Sei Gohong adalah anak-anak muda mulai kenal narkoba dan minuman keras. Ada yang mengancam akan membunuh orangtuanya  atau membakar rumah jika mereka minta uang tidak diberi.

Melalui Pendas ini, peserta Pendas menyampaikan bahwa ketika dapat uang harus bijaksana menggunakannya dan pintar menabung, agar jika ada kesulitan keuangan di kemudian hari, dapat mengambil tabungan untuk mengatasinya.

Sumber: Sepmiwawalma, penggiat di CU Betang Asi

Sumber Gambar: http://www.enricosoekarno.com


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, May 12, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved