Selamat Datang!

CU Merubah Ekonomi Keluarga

Sebagai Lembaga Keuangan Masyarakat Dayak yang ada di Kalteng, keberadaan Credit Union       (CU) dinilai positif dalam membantu perekonomian masyarakat. Bergabung menjadi anggota Credit Union berarti merubah hidup. Demikian ungkapan Bernadinus Imang warga Telok Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalteng.

Pria 33 tahun dengan Nomor angggota BA. 100.469 di Tempat Pelayanan Batu Lampang Telok ini menambahkan, dengan adanya Credit Union, mampu membantu masyarakat luas terutama masyarakat Dayak yang berada di daerah pedesaan. “Menabung di lembaga Credit Union benar-benar bermanfaat dan menolong diri sendiri dan keluarga kita, sangatlah berbeda dengan lembaga keuangan lainnya,” ujar Imang sapaan akrab Bernadinus.

Ayah dua anak ini menuturkan, pada awal di bukanya Credit Union Betang Asi Tempat Pelayanan Batu Lampang Telok, ditambah dengan mendengar penjelasan aktivis CU pada September 2003 lalu, ia, istri dan anaknya langsung bergabung menjadi anggota CU.

Di Tempat Pelayanan Batu Lampang Telok inilah, Imang sudah beberapa kali memanfaatkan produk pinjaman. Pinjaman awal sebesar Rp. 1.000.000-, untuk kapitalisasi menambah tabungan, sedangkan pinjaman kedua sebesar simpanan untuk membeli 4 ekor anak sapi untuk menambah  investasi, pinjaman ke tiga sebesar Rp. 60.000.000,- untuk menambah modal usaha beli karet.

Berkat semangat dan kegigihan dalam menjalankan usahanya, kini ayah dua anak ini sudah merasakan hasilnya, selain usaha beli karet, Imang juga mempunyai usaha penyeberangan fery (Getek) di Desa Telok dengan 3 orang karyawan, sehingga pendapatan rata-rata sehari bisa mencapai Rp. 800.000,-bahkan bisa sampai dengan  Rp. 1.500.000,-.

“Karena CU saya mampu mengembangkan asset berupa tabungan, kendaraan, ternak sapi, serta usaha produktif, saya benar-benar merasakan manfaatnya sehingga usaha yang saya jalankan berjalan dengan lancar dan berkembang dengan pesat,” ungkap Imang dengan nada senang.

Terkait kekurangan menjadi anggota CU, Imang mengatakan, tidak ada kekurangan dan kerugian yang anggota dapatkan, bahkan setiap waktu investasi anggota terus bertambah selama menabung di CU. “Kalau menabung di CU mendapatkan masa depan yang cerah, jaminan hari tua dan masa depan anak,” tutur Imang.

“Jadilah anggota yang baik, rajin menabung dan membayar angsuran, karena Credit Unionlah masa depan kita bisa terwujud,” pungkas Imang kepada penulis.

Sumber tulisan dan foto: Yosi Monalisa, kontributor TP BL.

Keterangan foto: Bernardinus Imang saat di atas getek


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, April 11, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved