Selamat Datang!

LDP selenggarakan ToT SIYB

Bertempat di Training Center Redd+ jalan Yos Sudarso Palangka Raya, akhirnya usai sudah pelatihan untuk pelatih pelatihan kewirausahawan. Pelatihan selama 10 hari yang diprakarsai oleh ILO Jakarta dan LDP diikuti oleh 20 orang peserta yang tersaring dari 75 formulir pendaftaran yang masuk.

Training Of Trainers (ToT) Start & Improve Your Business (SIYB) ini terlaksana dari tanggal 20 Pebruari hingga 1 Maret 2012. Tema kegiatan kali ini adalah “Menyemaikan Mata Pencaharian Alternatif Guna Tata Kelola Sumber Daya Alam Lestari Bagi Pemangku Kepentingan di Kalimantan Tengah”.

Pembukaan dan penutupan kegiatan ini dilakukan oleh Amir Husein atas nama Kadiskop dan UKM propinsi Kalteng. Dalam sambutannya saat menutup acara pelatihan, Amir Husein mengatakan dengan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM), produktifitas yang kurang, pasar tenaga kerja yang rendah dan tuntutan kompetensi yang tinggi maka pelatihan-pelatihan perlu di lakukan.

Irham Ali Saefudin sebagai Program Officer ILO di Jakarta  saat acara penutupan juga mengungkapkan rasa bangganya karena pemerintah dan lembaga non pemerintah (baca NGO) dapat duduk bersama untuk memajukan perekonomian di Indonesia.

Ia berharap akan ada master trainer di Kalteng setelah pelatihan SIYB. Irham menyampaikan bahwa ada jenjang karir secara nasional dan internasional, peluangnya cukup besar karena hanya ada 3 master trainer di Indonesia.

Secara simbolis penyerahan sertifikat pelatihan di sampaikan oleh Amir Husein kepada Wulan dan  Manik. Adapun ke 20 peserta yang mengikuti pelatihan adalah sebagai berikut: Mastuati dari Lembaga Bawi Dayak Panarung, Firman Rizki dari BDS Usaha Meubeul Mandiri, Drs. Manuala Manik dari Balai Pengembangan Produktifitas, Nawawi, SE dari BDS Praye, Marchony dari Lembaga Dayak Panarung, Kusatrisnilisnatalis, SE, S.Sos dari Komisi Pemilihan Umum / BPPAKB, Rokhmond Onasis dari Lembaga Dayak Panarung.

Selanjutnya, Intan dari Lembaga Pendidikan & Pemberdayaan Masyarakat, Karolina Pratiwi dari Lembaga Bawi Dayak Panarung, Dra. Kuntep Berkat Asi, M.Ed dari Kesbang Pol dan Linmas, Luh Putu Muliayani Handayani dari Lembaga Pendidikan & Pemberdayaan Masyarakat, Nenny Yepriana, A. Md dari Disnakertrans Kota Palangkaraya, Joenathan Raymond Rocky dari Yayasan HMBI, Harry Christanto, ST dari UPTD - BLK Palangkaraya, Theresia Indrani Pratiwi dari JPIC SVD, Rita Sarlawa dan Sri Wulan dari Kopdit CU Betang Asi.

Secara umum materi yang disampaikan selama 10 hari mencakup: pengenalan Game-1, pengenalan program, memasarkan program, pengenalan modul, prinsip pembelajaran orang dewasa, metode pelatihan partisipatif, seleksi peserta pelatihan, menggunakan alat bantu pelatihan yang efektif, pengenalan game-2, presentasi yang efektif, analisis kebutuhan pelatihan dan desain pelatihan, mengembangkan rencana sesi pelatihan, implementasi pelatihan, menghitung biaya retail dan manufacture.

5 hari sebelumnya peserta di sampaikan program SIYB dan metode-metode yang digunakan. Kemudian 5 hari berkutnya peserta mempraktekkan materi yang sudah disampaikan secara tandem. Masing-masing pasangan mendapatkan materi yang sudah akan dibawakan secara berurutan yaitu karekteristik seorang pengusaha, mengembangkan ide bisnis, game bisnis SIYB-1, riset pasar, bauran pemasaran, game bisnis SIYB-22, penentuan biaya produl/ jasa, penentuan biaya ritel, rencana keuangan penjualan dan biaya dan rencana keuangan arus kas.

Diakhir kegiatan peserta diminta berkumpul berdasarkan lembaga/ instansi yang mengutusnya untuk membuat rencana tindak lanjut, berdasarkan RTL inilah akan di nilai sejauh mana dampak pelatihan yang telah dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Mari bangkit usahawan-usahawan muda di Kalimantan Tengah, bersama SIYB kita perkuat dan kembangkan potensi yang ada!

Sumber Berita: http://www.facebook.com/groups/114634411911190/doc/341669152541047/ (Facebook Lembaga Dayak Panarung)

Keterangan Foto: Manik dan Wulan, perwakilan peserta yang menerima sertifikat.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, March 6, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved