Selamat Datang!

Sosialisasi Credit Union Filosofi Petani



Hari Senin dan Selasa tanggal 30-31 Januari 2012, di Hotel Amaris Palangka Raya dilaksanakan Sosialisasi Credit Union Filosofi Petani yang difasilitasi oleh Bapak A.R. Mecer tokoh penggerak Credit Union dan juga Ketua Badan Koordinasi Credit Union (BKCU) Kalimantan yang dihadiri oleh Penasehat, Dewan Pengurus, Badan Pengawas, dan unsur Pimpinan Manajemen CU Betang Asi.

Mengawali sosialisasi tersebut, A.R. Mecer menggambarkan kehidupan yang dilakukan para petani dulu, dari kegiatan untuk menyediakan Makan dan Minum dalam rangka memenuhi kebutuhan hari-hari, Bercocok Tanam untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, Kebutuhan Sosial dalam membangun sikap solidaritas, kebersamaan serta keharmonisan antar sesama, Memohon berkat dan Bersyukur atas apa yang dilakukan dan yang telah diterima dari sang pencipta.  Filosofi petani ini merefleksikan apa dan seperti apa yang telah Credit Union implementasikan kepada masyarakat dan anggota pada khususnya.

A.R. Mecer juga menyampaikan mengenai beberapa pandangan masyarakat Credit Union terhadap pergerakan Credit Union yang mulai keluar dari jalur pemberdayaan terhadap masyarakat kecil.  Hal ini yang selalu menjadi pikiran dan perenungan panjang bagi Bapak A.R. Mecer sehingga muncul gagasan mengenai Credit Union Filosofi Petani.

Dalam sosialisasi Credit Union Filosofi Petani, A.R. Mecer dengan sangat gampang dan jelas memberikan penjelasan kepada peserta sosialisasi berkenaan dengan pola pengembangan Credit Union Filosofi Petani yang diharapkan semua Credit Union dibawah jaringan Badan Koordinasi Credit Union (BKCU) Kalimantan dapat menyesuaikan pola pelayanan dan pengembanganya berdasarkan Filosofi Petani dengan harapan bahwa keberadaan Credit Union di tengah masyarakat betul-betul melayani kepentingan seluruh anggota khususnya anggota lapisan menegah kebawah.

Manager CU Betang Asi Tempat Pelayanan Betang Sinta – Sepang Kota, Sylvester Suanda mengatakan bahwa Credit Union Filosofi Petani yang disosialisasikan oleh Bapak A.R. Mecer betul-betul memberikan pencerahan dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pergerakan CU Betang Asi kedepan.

Manager CU Betang Asi Tempat Pelayanan Betang Batarung – Kuala Kurun, Yepta Diharja, SP. Menaggapi sosialisasai Credit Union Filosofi Petani yang disampaikan oleh A.R. Mecer betul-betul dapat mengembalikan semangat gerakan Credit Union.  Yepta mengatakan bahwa pola Credit Union Filosofi Petani dalam mengelola Credit Union betul-betul sesuai dengan dengan semangat Credit Union yang terdiri dari “Kumpulan orang-orang” jadi yang dikelola adalah betul-betul kumpulan orang bukan uang, karena uang adalah dampak dari segala kegiatan yang dilakukan.  Disamping itu, Credit Union betul-betul memberikan hak yang sama kepada semua anggotanya tanpa membedakan tingkat kemampuan sosial ekonomi anggota.

Credit Union Filosofi Petani dalam pengelolaan produk simpanan betul-betul memberikan harapan kepada anggotanya untuk dapat memperolehnya berdasarkan tingkat kemampuannya, dimana keistimewaannya adalah anggota dapat betul-betul menggunakan produk dan merancangnya secara terencana, sehingga mengurangi spekulan-spekulan yang hanya ingin memanfaatkan Credit Union untuk memperkaya diri sendiri.  Ujar Yepta.

Kegaitan Sosialisasi Credit Union Filosofi Petani direspon baik oleh semua peserta yang langsung menindak lanjuti dengan mengadakan pertemuan kembali hari kamis 2 Pebruari 2012 di Hotel Amaris untuk membahas hasil sosialisasi tersebut.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, February 9, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved