Selamat Datang!

TPK Timpah Mulai Berbenah

Akhir minggu pertama bulan Januari 2012, penulis mengunjungi TPK Timpah yang terletak di koordinat S 01° 43' 48.33", E 114° 28' 42.47". Desember 2011 lalu Ernesto Kardinal baru saja di berikan SK oleh pengurus sebagai koordinator TPK Timpah. Pencapaian target diharapkan dapat tercapai hingga akhir tahun ini.

Sebagai upaya pencapaian target tersebut diharapkan pendirian kantor baru TPK Timpah agar meningkatkan motivasi calon-calon anggota CU yang berada di wilayah ini sehingga aktivitas anggota dan penggiat CU dapat dipantau dari lintas Palangka Raya- Buntok. Berikut petikan wawancara yang dilakukan penulis:

Strategi untuk pencapaian target di tahun 2012?

Yang pasti untuk pencapaian target lebih mengoptimalkan kolektor, karena mereka sebagai ujung tombak di lapangan, yang pasti memberikan pemahaman-pemahaman kepada kolektor mengenai organisasi CU mereka (kolektor) juga harus tahu.

Berarti ada pertemuan-pertemuan atau pelatihan di tingkat kolektor?

Iya,itu harus dilakukan

Berapa orang kolektor di wilayah ini?

Ada 7 orang, namun 1 orang belum diberikan SK kolektor karena masih diusulkannya, di daerah Batapah belum terlalu berkembang, karena belum ada motivasi. Di daerah ini 100% penghasilan masyarakat dari menyadap karet, ada kemungkinan perkembangan CU akan baik di daerah sana.

Paska pendirian TPK Timpah di bawah kantor TP Batuah Marajaki, Petuk Liti, dilihat dari kendala ataupun keuntungan-keuntungan yang terjadi?

Dari segi kendala tidak ada yang terlalu menghambat kinerja, untuk administrasi awalnya kita agak berbelit-belit karena harus mutasi dan lain-lain. Tapi ini tidak masalah menurut saya, namun berdasarkan pandangan anggota di Petuk Liti sudah ada kantor yang megah, itu akan menambah kepercayaan kepada anggota dan ada harapan anggota yang bertanya kapan didirikan kantor di TPK Timpah ini.

Jadi lebih banyak anggota ingin melihat bukti fisik, kantor sudah berdiri?

Iya seperti itu.

Dari sumber daya yang ada, berapa orang yang membantu anda di sini?

Ada 2 orang, 1 orang volunter dan 1 orang staf. Terkait masalah pendidikan kami masih di bantu oleh TP Batuah Marajaki, Petuk Liti juga dari kantor pusat.

Dari analisa anda, bagaimana potensi anggota maupun penyaluran kredit di daerah sini?

Kalau untuk peminjaman di daerah Timpah, kebanyakan mereka belum terlalu percaya karena ada yang lain misalnya CERD, di daerah Tumbang Randang, Danau Pantau. Di daerah Danau Pantau CERDnya sudah berjalan baik, tapi di daerah Tumbang Randang sudah mulai tidak ada.
Kendala yang lain, saat mengumpulkan orang-orang di Timpah ini cukup sulit, saya tidak tahu penyebabnya mungkin karena ada kesibukan-kesibukan tersendiri misalnya karena usaha masyarakat di sini sedot emas, juga sebagian ada yang menyadap karet.
Cukup sulit untuk mengumpulkan masyarakat, sudah beberapa kali saya berusaha untuk mengadakan pendidikan di Timpah tapi belum ada kesadaran untuk ikut. Tapi, dari kampung-kampung lain tidak sulit.

Padahal Timpah sendiri sebagai tempat pelayanan?

Iya, karena dulu di Timpah ada kolektor yang membantu dan langsung mengunjungi ke rumah-rumah anggota.

Pandangan Anda, dengan akan didirikan kantor di TPK Timpah ini, apakah ada kemajuan yang berarti untuk ketertarikan anggota?

Menurut saya iya, dari lembaga keuangan lain yang baru buka ada mendirikan kantor, berangsur-angsur nasabahnya ada. Kita mungkin bisa mengikuti cara tersebut untuk mendirikan kantor, walaupun tidak usah terlalu mewah pada tahap awal yang penting bangunan kita sendiri yang mewakili kita di sini.
Karena saat sekarang lokasi kantor kita berada agak di dalam (kampung) orang tidak terlalu melihat kegiatan kita, jika kita beralih ke jalan lintas (Palangka Raya- Buntok) kemungkinan ada orang melihat aktivitas kita sembari melewati jalan tersebut.

Harapan sebagai koordinatot TPK Timpah?

Kita berharap agar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan, sebagai staf juga dapat mengelola diri sendiri dan dapat menjadi contoh yang baik. Target aset dan anggota per 31 Desember 2012 adalah Rp 7.989.155.350,- dan 881 orang.

Keterangan Foto: Ernesto di pintu depan kantor

Sumber Foto: Rokhmond Onasis


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Tuesday, January 17, 2012
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved