Selamat Datang!

Mei 2012, CU BESI tempati Kantor Baru

CU Betang Asi semakin berbenah untuk melayani anggotanya. Salah satunya terlihat dari renovasi dan pembangunan kantor pusat CU Betang Asi di jalan Tjilik Riwut Km.1 No.32A  Palangka Raya. Informasi yang didapatkan penulis diharapkan Mei 2012 kantor baru sudah dapat ditempati.

Terkait pembangunan tersebut penulis membincangi ketua panitia renovasi dan pembangunan kantor pusat CU Betang Asi, Ambu Naptamis awal  Nopember 2011 lalu. Berikut petikan perbincangan:

Tujuan dari pembangunan gedung baru?

Pertama, pelayanan anggota, karena selama ini dengan gedung yang sempit  dan agak pengap ketika anggota banyak, rasanya sudah tidak memadai dan kurang representative untuk melayani anggota semuanya itu demi pelayanan kepada anggota supaya anggota merasa nyaman.

Kedua, secara kemampuan dan alokasi pendanaan CU kita sudah mampu dan mengapa tidak, untuk pelayanan anggota yang lebih baik . Dilihat dari gambarnya maketnya, ingin mengekspresikan sebagai sebuah lembaga yang memiliki karakteristik tersendiri memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat lokal.

Pemberdayaan ini dimulai dari masyarakat lokal, dari masyarakat yang terpinggirkan, kemudian ekspresi dari masyarakat lokal kebetulan adalah dari masyarakat adat Dayak. Kita mau mengekspresikan semangat itu tergambarkan di fisik bangunan.

Bagaimana dengan pembangunan karakter/ mental dalam konteks anggotanya sendiri?

Saya pikir itu prioritas, pembangunan di CU adalah kepada pendidikan penyadaran, lebih kepada pemberdayaan penyadaran pola pikir dan lain sebagainya dan itu lebih prioritas dibandingkan bangunan fisik, sedangkan (bangunan) fisik mengikuti, hanya menjadi persoalan pembangunan yang sifatnya non fisik itu tidak kelihatan, sulit untuk melihat tolak ukurnya, tapi itu terus dilakukan mudah-mudahan ke depan akan lebih dapat melihat hasil dari pembangunan, pemberdayaan yang sifatnya non fisik. Ini seiring juga yang fisik mengikuti prioritas proses-proses penyadaran, pendidikan dan pembangunan mental anggota.

Keterangan foto: Tampak depan kantor yang baru

Sumber foto: dokumen CU Betang Asi


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, November 17, 2011
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved