Selamat Datang!

Pelatihan Manajemen Kearsipan dan Kesekretariatan

Bertempat di meeting room hotel Dandang Tingang Palangka Raya sebanyak 36 orang berkumpul untuk melakukan Pelatihan Manajemen Kearsipan dan Kesekretariatan. Pelatihan kali ini di ikuti oleh CU Betang Asi, Remaung Kecubung, Sumber Rejeki di wilayah Kalimantan Tengah. Sedangkan CU  Daya Lestari, Petemai Urip, Sempekat Ningkah Olo dan Femung Pebaya dari Kalimantan Timur.

Dari CU Betang Asi  pesertanya, Esti V.K, Valentinus Jeghau, Thomas Fajar, Erwin F. Mahin, Dessy Nataliati, Memeiliana, Yuliasarly S.Taget, Lili Rusani, Lolie, Asep Nana Sumpena, Ellia Sujiyono, Bernandus Hendy, Herie U. Daud, Ezra Mardoni Lewi, Junaidi, Rama, David Dibiciang, A. Udasco dan Ernesto Kardinal.

Dari CU Remaung Kecubung pesertanya, Ijas, Hertiati dan Muhammad Irwanto. Sedangkan dari Sumber Rejeki adalah Mistal, Desi B. Purnama, Plasida Miraja, Kardius, Juliani, SE, Mardianto, Tri Rahayu Damayanti dan Vera Demayni.

Tidak ketinggalan dari CU Petemai Urip adalah Markus Jalung dan Lusiana Kavung juga dari CU Sempekat Ningkah Olo diikuti Silvia Ristha Anggraini serta Endang Fitriani. Peserta dari  CU Daya Lestari diikuti Yulius Dia Ding dan CU Femung Pebaya adalah Minarni.

Selama 4  hari (12-15/9), pelatihan ini digagas oleh BKCUK DO Kalteng dan Kaltim yang difasilitasi oleh Sesilia Seli dan V. Budi Astuti. Menurut Astuti pelatihan ini dilatarbelakangi belum ada penanganan mengenai kearsipan di CU, dimulai dari mengurus surat masuk, surat keluar, penyimpanan arsip.

“Karena kalau kita lihat makin lama berkas-berkas ini semakin banyak dan selama ini belum system yang mengatur tenaga untuk kearsipan. Jadi pelatihan ini diadakan supaya di CU mempunyai satu system untuk mengatur arsip agar aman, ketika di cari dapat cepat ditemukan, dihindari untuk hilang atau rusak,” jelasnya.

Terkait di bidang kesekretariatan, dari pengamatan penulis sebagai fasilitator Sesilia Seli menyampaikan penulisan secara baik dan benar mengenai nama bulan, penjelasan surat-surat dan pengertian dari istilah-istilah yang sering dipakai di perkantoran.

Diharapkan staf atau mereka yang berkecimpung dalam bidang kesekretariatan dan kearsipan bisa lebih paham dan juga punya pengetahuan tentang arsip itu sendiri dan bagaimana penanganannya, tutup Astuti kepada penulis.

Keterangan foto: Ibu Seli sedang menjelaskan jenis-jenis surat

Sumber: Rokhmond Onasis


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, September 16, 2011
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved