Selamat Datang!

M. Yahya : dulu sewa, tapi sekarang berkat CU saya punya 8 gerobak pentol

Merantau dari pulau Jawa ke Kalimantan merupakan sesuatu hal yang nekat bagi M. Yahya Zein H.  Tuntutan hidup membuatnya nekad memberanikan diri untuk meninggal kan pulau Jawa menuju Kalimantan Tengah (Palangka Raya) untuk mengadu nasib mencari rejeki.  Pulau Kalimatan yang dia kenal dulu merupakan pulau yang begitu asing dan menakutkan, ini disebabkan jauhnya jarak dari pulau Jawa dan pasca konflik dulunya.  Namun setelah berada dipulau Kalimantan, M. Yahya merasa apa yang dia takutkan itu salah "orang Kalimantan yang saya jumpai selama ini baik dan ramah semua, bahkan usaha yang saya kelola sekarang ini sukses berkat saya bergabung dengan lembaga keuangan yang diorganisir oleh orang Dayak". kata M. Yahya.

M. Yahya Zein H. biasa juga akrab dipanggil dengan nama Ahong lahir di Madiun pada tanggal 05 Mei 1982.  Pria berusia 29 tahun ini memulai usahanya dengan menjadi kuli upahan sebagai penjual pentol keliling di Palangka Raya dengan hasil yang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Bermula dari rutinitasnya berjualan didepan kantor CU Betang Asi dan ajakan dari manajemen CU Betang Asi untuk masuk menjadi anggota CU Betang Asi, maka pada tanggal 20 Juni 2008, Ahong menyisihkan uangnya untuk masuk menjadi anggota CU Betang Asi dengan nomor 108.367.

Selama 3 tahun menjadi anggota CU Betang Asi, Ahong sudah meminjam sebanyak 5 kali di CU Betang Asi, yang mana penggunaan pinjaman pertama untuk membeli gerobak pentol dan modal membuat pentol, pinjaman kedua untuk menambah modal memuat pentol, pinjaman ketiga untuk membantu berobat adiknya yang ada di kampung, pinjaman keempat untuk membantu merehap rumah dikampung, dan pinjaman kelima untuk membuat gerobak pentol, sehingga sampai sekarang Ahong memiliki 8 (delapan) gerobak pentol.

Ahong yang dulu menyetor setoran uang dari penjualan pentolnya ke pemilik gerobak, sekarang ini Ahong hanya tinggal menunggu setoran dari 8 (delapan) gerobak pentol miliknya.




Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Wednesday, July 13, 2011
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved