Selamat Datang!

Fatur: CU, Pendidikan untuk Mengelola Uang

Di awal bulan Juli 2011 tim web CU betangasi.com berkesempatan mengunjungi desa Mantangai Hulu, Kabupaten Kapuas. Desa ini dapat ditempuh dengan menggunakan jalan darat dan melewati jalur sungai sekitar 4 jam.

Salah seorang kolektor CU Betang Asi berada di desa ini. Berikut petikan diskusi dengan Fatur (37) saat penulis berada di rumahnya:

Sudah berapa lama anda menjadi kolektor CU di Mantangai Hulu?

Sejak tahun 2006 saya sudah masuk anggota CU di daerah ini, sudah aktif menjadi kolektor sejak tahun 2008.

Selama 2008-sampai sekarang sebagai kolektor, pengalaman apa yang paling berkesan?

Pengalaman yang paling berkesan adalah mengajak anggota dengan memberikan pengertian. Karena anggota CU yang masuk dulu, belum mengerti secara penuh mengenai tujuan CU itu sendiri. Mereka  hanya ikut-ikutan saja dan tidak memahami secara mendalam.

Jadi anda terus memberikan pemahaman agar lebih mengerti?

Iya…, disamping saya menyampaikan pengalaman saya sendiri. Bila sudah dipahami akan menambah pengalaman baru.

Dari sisi peluang, bagaimana anda melihat masyarakat (Dayak) di Mantangai Hulu ini, bagaimana mereka bersikap dengan adanya CU?

Mereka menanggapi dengan bagus, ditambah mereka sudah menerima pendidikan  sehingga ada pengertian baru, peluang baru dapat mereka gali. Otomatis karena mereka kekurangan modal sehingga berusaha untuk menambah modal salah satunya adalah menyadap karet.

Namun, kelemahannya mereka tidak tahu cara mengelola uang, padahal jika dilihat dari uang yang masuk dari menyadap karet per orang mendapatkan 20 kg dengan dikalikan harga sekarang (8-10 ribu per kg). Cuman dengan mendapat uang sedikit, langsung dihabiskan.  Dengan adanya CU mereka dapat pengertian baru dari pendidikan untuk mengelola uangnya.

Bagaimana cara anda mengajak calon anggota CU supaya dapat lebih berperan aktif ?

Jika saya bertemu dan berbicara dengan mereka, saya menanyakan bagaimana kondisi kehidupan mereka saat ini, jika kalian ingin berubah coba saja dengar informasi tentang CU dan bagaimana  supaya dapat ikut. Mereka juga melihat anggota yang lain, karena mereka penasaran, bagaimana melihat kemajuan dari anggota yang terdahulu.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Saturday, July 9, 2011
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved