Selamat Datang!

Motivasi CU di Kecamatan Bukit Batu



Perolehan pendapatan yang tidak pasti, usaha yang terkadang hasilnya kurang maksimal menjadi beberapa alasan bagi sebagian orang untuk kemudian tidak bisa mengalokasikan uangnya untuk menabung. Hal ini terungkap saat CU Betang Asi melakukan kegiatan motivasi kepada Kelompok Kerja Kelurahan (K3) di beberapa Kelurahan wilayah Kecamatan Bukit Batu, 22 – 24 Maret 2011.

Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Tinduh saat CU Betang Asi melakukan motivasi di Kelurahan Sei. Gohong (24/3). Dia menyampaikan bahwa masih susah dalam melakukan pengelolaan keuangan melalui rencana keuangan keluarga, kesulitan yang dihadapi diantaranya tidak memiliki pendapatan yang tetap setiap bulannya karena hanya bekerja sebagai petani dan buruh harian. Upaya untuk menabungpun masih belum menjadi prioritas utama karena harus membayar biaya untuk pengeluaran lainnya.

Dalam pendidikan CU Betang Asi tabungan menjadi prioritas pertama setelah memperoleh pendapatan, dengan menjadikannya prioritas pertama maka setiap anggota menghargai hasil jerih payah dari pekerjaan yang di dapatnya untuk membayar diri sendiri terlebih dahulu baru membayar orang lain (Pengeluaran).

Agar konsep ini dapat dijalani hal yang harus dirubah adalah pola pikir, dimana konsep awal yaitu tabungan merupakan sisa dari pendapatan dikurang pengeluaran harus dirubah menjadi pengeluaran sisa dari pendapatan dikurangi tabungan.

Kegiatan motivasi ini merupakan program Yayasan Tambuhak Sinta (YTS) bagi Kelompok Kerja Kelurahan (K3) dan Kelompok Peminat Program (KPP) yang berada di Kelurahan Marang, Tumbang Tahai, Habaring Hurung, Banturung, Tangkiling dan Sei. Gohong, Kecamatan Bukit Batu Kotamadya Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi  pemahaman  dan penyadaran bagi anggota kelompok dalam pengelolan keuangan. Agar sasaran ini bisa tercapai Yayasan Tambuhak Sinta menggandeng CU Betang Asi dalam pelaksanannya. Selain muncul kesadaran dalam hal menabung diharapkan anggota kelompok bisa bergabung menjadi anggota CU Betang Asi untuk nantinya bisa menambah permodalan dalam usaha yang sudah dijalani anggota kelompok  yaitu ikan dan ayam.@nd

 




Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Friday, April 15, 2011
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved