Selamat Datang!

Drs. Dehen Erang, M.Si: “Anggota Dapat Menikmati Kesejahteraan Melalui Kehadiran CU”

Pria berkacamata ini tersenyum saat  tim web cubetangasi.com mendekatinya. Di tengah kesibukannya sebagai seorang akademisi bapak dari 3 orang anak yang dipercaya juga sebagai ketua Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) wilayah Kalteng, Dehen Erang mempersilahkan tim web cubetangasi.com untuk mewawancarai.

Hari Sabtu, 22 Januari 2011, bertempat di aula pertemuan Batang Garing Palangka Raya, seusai RAT. TP KP. CU Betang Asi Palangka Raya, pria kandidat doktor ini menjelaskan mengenai riset yang dilakukannya di CU Betang Asi dan alasannya masuk menjadi anggota. Berikut kutipan wawancaranya:

Apa latar belakang dan alasan anda melakukan riset di CU Betang Asi?

Pertama bahwa, CU Betang Asi setelah kita melihat memiliki semangat, jiwa dan dasar-dasar hukum dan pengelolaanya adalah koperasi. Jadi landasan hukum daripada CU Betang Asi adalah koperasi.

Nah, hal yang kedua saya memang memiliki minat sejak meneruskan ke program S-2 di bidang koperasi karena saya tahu bahwa koperasi ini merupakan suatu bentuk badan usaha yang paling sesuai dengan keadaan masyarakat Indonesia yang heterogen, karena nilai-nilai yang ada dalam koperasi ini adalah kekeluargaan dan prinsip-prinsip koperasi tidak membedakan masyarakat yang satu dengan yang lain, tidak membedakan budaya, politik, agama, suku dan sebagainya. Dengan nilai-nilai koperasi merupakan suatu nilai yang sangat mulia dan apabila dikelola dengan baik maka koperasi ini merupakan suatu badan usaha yang bagus, sesuai dengan apa yang di inginkan sebagai soko guru perekonomian apabila dikelola dengan baik.

Nah, dari situ saya melihat  bahwa praktek yang dilakukan oleh CU betul-betul sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi dan CU adalah suatu koperasi yang baik dalam masyarakat dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat.

Bagaimana anda menjelaskan hasil riset yang sudah dilakukan ini bisa di aplikasikan di CU itu sendiri?

Yang pertama, judul riset yang saya lakukan di CU ini adalah “Melihat Bagaimana Aksi Interaksi Masyarakat Dalam Berkoperasi”. Aksi interaksi yang dimaksud adalah apa yang dilakukan oleh pengurus atau manajemen di dalam melaksanakan program-program koperasi sehingga bisa mencapai tujuannya. Nah, dari aksi-aksi yang dilakukan oleh pengurus dan manajemen ini kelihatannya mendapat perhatian/ sambutan dari masyarakat.

Nah, yang ingin saya lihat apa yang dilakukan oleh manajemen dan pengurus dalam rangka melaksanakan tujuan koperasi itu sendiri, dengan demikian dapat terus ditingkatkan sehingga tujuan yang ingin dicapai dari CU itu dapat dirasakan oleh anggota dan anggota dapat menikmati kesejahteraan melalui kehadiran CU itu sendiri.

Bagaimana anda memandang perjalanan CU Betang Asi sepanjang tahun 2010?

Pertama kita melihat bahwa, apa yang telah menjadi program CU Betang Asi yang telah ditetapkan oleh pengurus dan ditetapkan oleh rapat anggota ini dilaksanakan oleh pengurus dan manajemen sepanjang tahun 2010 merupakan hal yang sangat baik sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Anggaran Dasar Rumah Tangga dan tentunya yang sangat luar biasa kita melihat partisipasi anggota.

Jadi, semua masyarakat yang sudah mengenal CU berusaha menjadi anggota CU yang baik, walaupun ada sebagian kecil saja dari anggota yang tidak bisa melaksanakan kewajiban-kewajiban misalnya, mungkin karena berbagai hal sehingga mereka menunggak terhadap kewajiban-kewajiban. Tetapi ini tidak menjadi persoalan, lembaga selain CU juga sama seperti perbankan atau lembaga-lembaga keuangan yang lain.

Oleh karena itu, kita mengharapkan apa yang telah dilakukan oleh pengurus dan manajemen dalam rangka pelaksanaan program senantiasa memberikan motivasi, dorongan, senantiasa mengingatkan semua anggota supaya terus melaksanakan hak dan kewajiban-kewajiban secara baik sehingga dengan demikian CU akan menjadi lebih besar dari yang sekarang ini.

Jadi sekali lagi, proses pelaksanaan RAT ini saya menyambut dengan baik dan anggota-anggota yang ada sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara antusias hadir juga di dalam rapat anggota dan memberikan saran dan pendapat sehingga CU pada waktu yang akan datang dapat lebih baik dari yang sudah-sudah ini.

Sebagai seorang akademisi, apa saran anda untuk kemajuan CU Betang Asi ke depan?

Yang pertama saran saya adalah, bagaimana supaya pimpinan atau pengurus CU Betang Asi maupun manajemen tetap memegang teguh pada prinsip-prinsip pengelolaan yang professional, jujur dan transparan terhadap pengelolaan CU Betang Asi.

Dengan demikian, maka CU Betang Asi akan terus berkembang dengan baik, juga diharapkan kepada pengurus dan manajemen terus meningkatkan pendidikan dan pengetahuan, baik internal pengurus maupun manajemen dan para kolektor sehingga dalam pengelolaan CU Betang Asi terus dapat mengikuti perkembangan-perkembangan baik itu di dunia pengelolaan keuangan maupun teknologi dan sebagainya.

Mengapa anda mau bergabung jadi CU Betang Asi?

Pertama, sebagaimana di katakan tadi bahwa saya sangat mencintai koperasi, karena nilai-nilai koperasi itu adalah sangat mulia, karena tidak membedakan suku, agama, budaya, politik dan sebagainya.

Nah, CU Betang Asi telah mengejawantahkan daripada nilai-nilai tersebut dan saya merasa bahwa pengelolaan cu sebagaimana yang kita harapkan professional, jujur dan transparan sehingga kita tidak ragu-ragu lagi menyimpan. Baik itu simpanan pokok maupun simpanan wajib, maupun simpanan saham yang lain kita tidak ragu-ragu lagi karena pengelolaannya baik dan kita mendapat jaminan yang baik dalam pengelolaan keuangan. Jadi dengan demikian saya sangat yakin dan mau bergabung di CU ini karena beberapa hal tadi.


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Thursday, February 10, 2011
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved