Selamat Datang!

Koperasi kredit tolak penarikan pajak

Pontianak, Kompas - Koperasi kredit di Kalimantan Barat menolak penarikan pajak seperti yang diusulkan oleh DPR dalam rancangan undang-undang tentang koperasi. RUU itu juga dinilai tidak berpihak kepada koperasi.

”Selain soal pajak, ada beberapa pasal dalam RUU tentang koperasi yang diusulkan oleh DPR yang justru membahayakan kelangsungan koperasi. Padahal, seharusnya produk legislasi itu melindungi koperasi dan aset- asetnya,” kata Ketua Sekretariat Jaringan Kerja Advokasi RUU Koperasi (JARUUK) Marcelina Lin, Minggu (30/1) di Palangkaraya.

JARUUK beranggotakan sejumlah lembaga, antara lain Perkumpulan PENA, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia-Kalbar, Badan Koordinasi CU Kalimantan, Pusat Koperasi Kredit Khatulistiwa, dan Credit Union Pancur Kasih.

Menurut Marcelina, koperasi kredit merupakan badan usaha yang berprinsip dasar koperasi, yakni dari, untuk, dan oleh anggota koperasi. Penarikan pajak dari koperasi kredit menjadi konsekuensi atas diusulkannya perubahan koperasi menjadi badan usaha berbentuk perusahaan (Pasal 1).

Penarikan pajak dari anggota koperasi dengan mengacu pada UU Nomor 38 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan dikhawatirkan akan mengganggu kinerja koperasi kredit. ”Koperasi kredit itu menggerakkan ekonomi masyarakat kecil dan menciptakan pembayar pajak,” kata Ketua Badan Koordinasi CU Kalimantan Damianus Djampi.

Dalam RUU Koperasi, perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan swadaya. Padahal, di Indonesia tak dikenal badan usaha bernama perusahaan swadaya.

Manajemen Pusat Koperasi Kredit Khatulistiwa Agus RJ mencurigai RUU Koperasi merupakan upaya sistematis untuk mematikan koperasi kredit.

Di Kalbar terdapat 36 koperasi kredit. Jumlah anggotanya 400.000 orang. Para anggota koperasi kredit di Kalbar umumnya berasal dari kalangan petani dan pekerja tidak tetap. (aha)

Sumber berita: cetak.kompas.com

Sumber foto: 2.bp.blogspot.com


Dipublikasikan oleh CU Betang Asi pada hari Monday, January 31, 2011
Share this post :

Post a Comment

 
Copyright © 2009 - CU Betang Asi | Berbasis Masyarakat Dayak Yang Terpercaya dan Abadi di Kalimantan Tengah - All Rights Reserved